MAN 1 Kota Malang Gelar Perkemahan Arofah

 
BRNews - Hari raya Idul Adha 1439 H ini diperingati oleh MAN 1 Kota Malang dengan dua kegiatan yaitu di dalam (intern) dan di luar (ekstern) madrasah. Kegiatan ekstern adalah Perkemahan Arofah ini  dilaksanakan di Desa Benjor Kec. Tumpang, Kabupaten Malang.  Kegiatan ini diikuti oleh 100 siswa kelas X dan XI yang merupakan anggota OSIS, BDI, dan unsur perwakilan ekstrakurikuler serta didampingi oleh 25 orang guru dan karyawan.


Pada saat jamaah Haji seluruh dunia melaksanakan wukuf di Arofah tanggal 9 Zulhijjah, maka MAN Malang I mengadakan kegiatan kemasyarakatan dengan bertajuk perkemahan arofah.  Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan program keagamaan MAN 1 Kota Malang dan tahun ini merupakan kali kedelapan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa – Rabu tanggal 21 s/d 22 Agustus 2018 (9-10 Zulhijah 1439 H) di Desa Benjor Kec. Tumpang. 

Tempat ini dipilih mengingat letak geografisnya yang jauh dari kota, kondisi kehidupan masyarakatnya yang jauh dari keramaian, sosial ekonominya yang memang perlu mendapat perhatian bagi kita semua. 

Adapaun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini di samping untuk mengenalkan nilai-nilai Islam juga untuk mendidik siswa-siswi agar peka pada kehidupan masyarakat, mau beraktivitas bersama masyarakat, serta agar lebih menghayati makna pengorbanan Nabiyulloh Ibrohim dan Ismail AS.

            Berangkat pukul 08.00 WIB dengan menggunakan kendaraan umum dan kendaraan madrasah menuju lokasi. Dilanjutkan apel pembukaan. Sore hari setelah Sholat Ashar dilakukan pembacaan doa Arofah di Masjid Manbaus Saadah. 

Kemudian buka bersama dan sholat Maghrib. Dilanjutkan aktivitas untuk syiar agama berupa takbir keliling yang diikuti oleh panitia siswa dan guru, dan warga desa. Kegiatan ini sangat ramai, antusias para warga sangat terlihat. dari 14 mushola mereka semua ikut andil dalam takbir keliling. Diakhir acara yakni pertunjukan banjara El-Maghesa.

            Esok hari pada tanggal 10 Zulhijah 1439 Hijriah sholat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Manbaus Saadah bersama masyarakat berbaur menjadi satu. Dilanjutkan proses penyembelihan hewan kurban, 3 ekor sapid an 7 ekor kambing. 

Sudah tidak diragukan lagi, nuansa kesadaran dan kecintaan terhadap jiwa berkurban tampak pada warga Desa Benjor  serta  MAN Malang 1 Kota Malang.  Terbukti dari antusias siswa-siswi MAN 1 Kota Malang dalam membantu warga sekitar dalam prosesi penyembelihan sampai membagikan ke warga sekitar.


            Pada hari yang sama bertempat di Madrasah Diniyah Benjor, tim kesehatan memberikan penyuluhan kepada masyarakat setempat dan memberikan pengobatan secara gratis. Ditangani langsung oleh dua orang dokter dan dibantu dua paramedis serta pembina UKS bekerja tanpa mengenal lelah. 

Sementara panitia siswa juga berkontribusi untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap sehat yaitu dengan cara melakukan bakti sosial membersihkan Masjid dan sekolah dasar di sana. Sekitar pukul 15.00 WIB rombongan beranjak meninggalkan lokasi perkemahaman untuk kembali ke MAN 1 Kota Malang. 

            Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi MAN 1 Kota Malang, semoga dengan kegiatan ini Siswa-siswi bisa belajar bermasyarakat, mau beraktivitas bersama warga sekitar, serta dapat meneladani Makna Pengorbanan Nabi Ibrahim AS, demi memperkuat nilai humanitas yang religius. (kemenag jatim/hms).

Subscribe to receive free email updates: