KH Agus Abdullah: Tak Cukup Hanya Kecerdasan Intelektual Tapi Perlu Kecerdasar Spiritual

BRNews - KH Agus Abdullah mengingatkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada kegiatan buka bersama di Rumah Dinas Kepala Kanwil Kemenag Jabar , Rabu (6/6) untuk senantiasa meningkatkan kualitas ibadah. Dalam tausiyahnya, ia menekankan, bahwa ibadah puasa akan melahirkan 3 kecerdasan.




“Pertama bulan suci Ramadhan melatih kita untuk melahirkan kesadaran betapa pentingnya memiliki ilmu, karena ilmu adalah pemimin amal kita, maka lahirlah kecerdasan intelektual," ujarnya.
Ia menyampaikan sebuah ungkapan yang berbunyi "tidurnya orang alim lebih utama dari ibadahnya orang jahil (bodoh)," maka dengan meningkatkan amal di bulan Ramadhan, menyadarkan kita betapa pentingnya memiliki kecerdasan intelektual.
"Yang kedua, puasa melatih kita untuk memiliki kecerdasan spiritual.” ujarnya.
Lebih lanjut KH Agus menjelaskan bahwa tidak cukup hanya memiliki kecerdasan intelektual, tapi juga harus dibarengi dengan kecerdasan spiritual. Karena pengetahuan yang tidak diimbangi dengan akhlak yang baik akan cenderung menyesatkan.
“Yang ketiga puasa melatih kita untuk melahirkan kecerdasan emosional," pungkasnya.
Di akhir tausiyahnya, ia menuturkan bahwa puasa Ramadhan harus menghasilkan kesalehan, tidak hanya kesalehan individual, tapi juga kesalehan sosial. Ia juga berharap agar seluruh jajaran Pegawai Kemenag Jabar termasuk pada kelompok yang memiliki ketiga kecerdasan tersebut.(inmas|mnm).

Subscribe to receive free email updates: