MTsN 4 Pasuruan Gelar Pondok Ramadhan

BRNews - Untuk menyambut bulan yang suci sekaligus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (Imtaq), MTsN 4 Pasuruan mengadakan pondok Ramadhan dengan tema “Dengan Semangat Pondok Ramadhan Kita Tingkatkan Ukhuwah Basyariyah dan Wathoniyah untuk Menangkal Bahaya Radikalisme”.

"Dipilihnya tema ini karena telah tampak bahaya radikalisme yang telah terjadi di sekitar kita. Jadi perlu perubahan mental serta wawasan siswa-siswi kita," ujar Abdul Wakhid selaku ketua panitia.
Sebanyak 148 siswa-siswi dari kelas VII dan kelas VIII mengikuti agenda rutin pondok Ramadhan 1439 H / 2018 M di madrasah selama 4 hari dimulai Senin (28/5/18) sampai Sabtu (2/6/18).
Rangkaian Pondok Ramadhan tersebut diawali dengan sholat Dhuha berjamaah, tadarus Al-Quran, pembekalan materi keislaman oleh guru dan sholat Dhuhur berjama’ah. Serta pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah dari siswa kepada warga masyarakat sekitar yang berhak menerimanya. Kegiatan Pondok Ramadlan dibuka oleh Ka kan Kemenag H. Mohammad As’adul Anam.
Dalam sambutannya, Ka Kankemenag menjelaskan bagaimana cara berdakwah dengan baik. Dakwah bukan dengan membunuh orang lain, tidak dengan harus mengangkat senjata tetapi dengan bilkhal dengan contoh perbuatan yang baik. 
As’adul Anam juga menjelaskan agar terhindar dari terorisme diantaranya cinta kepada Allah dengan bentuk yang paling riil yaitu sholat, cinta kepada Rasulullahn dengan banyak membaca sholawat dan Al-Qur’an, cinta kepada orang tua dengan cara berbakti, cinta kepada lingkungan dengan cara peduli kepada lingkungan sekitar.
Sementara itu Kepala Madrasah Herlina Sulistiani berharap agar kegiatan singkat selama Ramadhan ini mampu memotivasi  menjadi pribadi yang lebih baik.
"Ramadhan yang menginspirasi bukanlah mengenai lamanya waktu belajar kita tiap hari, namun apakah sejatinya yang telah kita pelajari, kita amalkan dan kita tanamkan dalam hati. Mudah-mudahan pada Ramadhan ini kita semua mendapatkan rahmat, maghfiroh dan terhindar dari api neraka," jelasnya. (kemenag pasuruan|mnm).

Subscribe to receive free email updates: