Mahasiswa STAIN Bengkalis Ikut Perkuat Tim Indonesia di Asian Games 2018

BRNews - Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis  akan ikut ambil bagian dalam memperkuat tim Indonesia di ajang olah raga tingkat Asia tersebut.



Muhammad Fatah Prassetyo menjadi salah satu olahragawan yang akan bertanding di Asian Games 2018, Mei mendatang di Palembang dan Jakarta.
Fatah demikian sapaan akrabnya, akan mewakili Indonesia pada cabang lomba Fencing (Anggar). Saat ini, dia tercatat sebagai mahasiswa semester II Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan STAIN Bengkalis Riau.
Pria kelahiran Bengkalis tahun 1999 ini berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang pensiunan guru olah raga pada salah satu sekolah di Bengkalis, sementara sang ibu mendidik anak-anaknya di rumah.
Dikutip dari web resmi Kementerian Agama,  Kamis (19/04), Fatah bercerita bahwa kepastian dirinya ikut Asian Games diperoleh setelah menempati ranking dua pada Seleksi Nasional (Seleknas) 2018. Dia dipanggil menjalani Pelatihan Nasional (Pelatnas) di Kota Samarinda Kalimantan Timur untuk persiapan menghadapi kejuaraan.



Dalam perjalanan karirnya di dunia olah dimulai sejak tahun 2016 – 2018, tercatat berapa prestasi diraih Fatah, baik nasional maupun internasional.
Pada tahun 2017, Fatah sukses meraih medali emas Junior Perorangan pada ajang Kejurnas. Di tahun yang sama, Fatah juga memperoleh medali perunggu pada kategori Senior Perorangan Kejurnas. Sementara pada ajang Senior Beregu Kejurnas, dia bersama timnya berhasil menggondol medali emas.
Pada tahun 2016, Fatah meraih Perunggu cabang Perorangan PON JABAR. Selain itu, dia bersama timnya juga mendapat Perunggu cabang Beregu PON JABAR.


Prestasi tingkat internasional yang diraih Fatah, antara lain: Perunggu Beregu SEAFF Malaysia (2018), Ranking 17 Asian Under 23 Vietnam (2017), Peserta Cadet and Junior World Fencing Championship Bulgaria (2017), dan Peserta Cadel and Junior World Fencing Championship France (2016).
Ketua STAIN Bengkalis Samsul Nizar mengaku bangga dengan prestasi mahasiswanya. Apalagi, Fatah menjadi satu-satunya mahasiswa STAIN Bengkalis yang mewakili Indonesia di Ajang Fencing Asian Games 2018.
“Kami dari pihak kampus mendukung penuh agar mahasiswa kita ini dapat meraih prestasi yang cemerlang pada Asian Games 2018 tahun ini,” kata Nizar.
Nizar berharap prestasi yang diraih Fatah dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa lain di STAIN Bengkalis khususnya dan generasi muda Indonesia pada umumnya. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: