Azmil Ihsan, Mahasiswa UIN Makasar Ikuti Indonesia NEXT di San Fransisco

BRNews - Azmil Ihsan, Mahasiswi Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar lolos seleksi program Indonesia NEXT dari Telkomsel. Azmil menjadi satu-satunya mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang akan ikut ke San Fransisco.

Indonesia NEXT adalah salah satu program masterpiece CSR (Corporate Social Responsibility) Telkomsel. Program ini berupa training, sertifikasi international, communication skill by talk inc and qualification panel yang diadakan di 6 kota, yaitu Makassar, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta dan Bandung.
Dikutip website resmi Kementerian Agama RI mengutip Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin Makasar Siti Aisyah, Jumat, (27/04). Menurut Aisyah, keberhasilan Azmil Ihsan menjadi 10 Indonesia NEXT Telkomsel setelah menyisihkan 11.000 peserta dari seluruh Indonesia.
Ihsan telah melewati tahapan seleksi yang ketat, mulai dari pelatihan dan pengujian kemampuan menggunakan aplikasi presentasi dan desain bersertifikasi, kemampuan berkomunikasi di depan publik, hingga pelatihan soft dan hard skills lainnya.
Menurut Siti Aisyah, babak kualifikasi yang berlangsung pada bulan Oktober hingga November 2017 di 6 kota, menghasilkan 30 besar peserta nasional. Dari total 30 besar nasional ini, disleksi lagi menjadi 10 besar pemenang yang akan diberangkatkan ke San Fransisco dan 20 lainnya akan diberangkatkan ke Singapura.
Azmil Ihsan dari UIN Alauddin Makassar adalah satu dari 10 pemenang. Sementara sembilan pemenag lainnya adalah Rahmat Ramdhani  (Universitas Negeri Makassar), Nur Awalia Syahri (Universitas Hasanuddin), Rahmat Syahputra, Alexander Tianara, Fatimah Sirin (Universitas Indonesia), Angela Belinda Cecilia (Institut Teknologi Bandung), Fathia (Universitas Islam Indonesia), Cosmas Saktriandio (Universitas Ciputra) dan Aulia (Universitas Airlangga).
Peserta yang lulus dari ujian sertifikasi pada program Indonesia NEXT mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).
Pada tahap akhir program, para peserta terbaik tingkat nasional dipilih untuk memperoleh pengetahuan mengenai dunia kerja, berkunjung ke beberapa perusahaan teknologi ternama di tingkat internasional di San Francisco, Amerika Serikat.
Di San Fransisco, Azmil Ihsan mengunjungi kantor pusat perusahaan IT seperti Adobe, Facebook, Apple, Google, LinkedIn di Silicon Valley, Silicon Valley yang merupakan daerah di mana perusahaan raksasa seperti Youtube, Google, Favebook, Apple bermarkas.
Dalam kesempatan itu, Azmil bertemu dengan Global Talent (orang Indonesia yang bekerja di perusahaan terkenal).  Azmil Ihsan juga dipertemukan dengan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) dan selanjutnya mengikuti shortcourse di Stanford University, dengan tema: How to Think Like Futurist.
“Senang merasakan langsung menjadi mahasiswa Stanford, berkeliling di kampusnya dan belajar dengan pelajar lainnya di sini,” ungkapnya.
Stanford University merupakan kampus yang masuk dalam daftar 5 besar universitas terbaik di dunia. Kampus ini juga menghasilkan lulusan yang terkenal seperti Larry Page (pendiri Google), Jerry Yang (pendiri Yahoo) dan masih banyak lagi.
Azmil Ihsan mengaku banyak mendapatkan kesempatan untuk bertukar pikiran dan ide dengan mahasiswa international dan merasakan langsung hidup berinteraksi dengan mereka.
“Kami belajar melihat masalah sebagai suatu kesempatan dan mencari problem solving dari berbagai isu,” kata Azmil Ihsan.
Pelajaran lain yang didapat selama 10 hari di San Fransisco adalah melihat perkembangan IT di negara ibukota teknologi semacam Amerika Serikat, melatih pendewasaan diri, dan belajar management waktu dan budaya on time di San Fransisco. Selain itu, lanjut mahasiswa yang studi di Prodi Keperawatan, dia juga belajar membangun jaringan atau networking terutama dengan para ahli IT.
Sekembalinya ke Makasar, Ihsan akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata dan melanjutkan mengerjakan Skripsi. (kemenag|rb|mnm).

Subscribe to receive free email updates: