PTKIN Matangkan Persiapan Perkemahan Wirakarya Nasional

BRNews - Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) Tingkat Nasional akan berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau pada Mei 2018. Para Wakil Rektor dan Wakil Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) berkumpul di Pekanbaru guna mematangkan persiapan akhir.


Hal-hal teknis yang dibahas secara detail dari mulai upacara pembukaan, kegiatan demi kegiatan, hingga penutupan. 
“Kita harus sukseskan amanat ini menjadi kegiatan yang unggul, menarik, menyenangkan dan mendatangkan manfaat untuk banyak orang,” kata Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Mudir Hitami pada pembukaan FGD Pematangan Teknis PW PTK XIV di Rumah Dinas Walikota Pekanbaru, Kamis (29/03).
Kehadiran para warek dan waket ini disambut Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkot Pekanbaru Baharudin. Mewakili Pemkot Pekanbaru, Baharudin berharap perkemahan Pramuka Tingkat Pandega PTK dapat menggerakan pembangunan di Kota Pekanbaru khususnya dalam merespon tantangan globalisasi dan masalah-masalah kebangsaan dan kemasyarakatan.
Kasi Kemahasiswaan Kementerian Agama Ruchman Basori mengatakan bahwa PW PTK ini kali akan mengangkat tema terkait tiga hal penting, yaitu: Lingkungan, Budaya, dan Wisata atau “eco culture tourism”.  Hal ini dalam rangka merespon problem kerusakan lingkungan, hutan, dan munculnya kabut asap, utamanya di beberapa wilayah Indonesia.
Selain 57 Wakil Rektor dan Wakil Ketua, FGD Pematangan Teknis PW PTK ini diikuti  Dewan Pengawasan Penelitian dan Evaluasi (Waslitev) PW PTK, Dewan Kerja Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka, dan adik-adik Racana UIN Suska Riau.
Ketua Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN Syamsul Rijal mengatakan PWN penting dan strategis untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan pengalaman mahasiswa pada dunia kepramukaan.


“Kepedulian mahasiswa akan lingkungan budaya dan pariwisata harus ditumbuhkan sejak dini, agar nantinya ketika jadi pemimpin bisa banyak berbuat untuk bangsanya,” ujarnya.
Perkemahan Wirakarya Nasional PTK akan digelar pada tanggal 3-10 Mei 2018 di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau dan Home Stay ditempatkan di lima perkampungan sebagai lahan bhakti pramuka. (kemenag.go.id).

Subscribe to receive free email updates: