KUA Duduksampeyan Gresik Survey Potensi Masjid

BRNews - Program inovatif kembali diluncurkan oleh Penyuluh Agama Islam di darerah. Dengan mengandeng para Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Darut Taqwa, mereka  melakukan survey potensi masjid.



Bertempat di Masjid Baitul Mustaqim Desa Sumengko telah diselenggarakan pembinaan dan sosialisasi survey potensi masjid yang diinisiasi oleh KUA Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur.

Sebagaimana siaran pers bimasislam, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pengurus masjid se Kec. Duduksampeyan bersama para penyuluh agama Islam non PNS serta beberapa modin atau tokoh agama.

Survey potensi masjid sendiri dilaksanakan selama bulan Maret dan dilakukan oleh para penyuluh agama Islam bersama mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Darut Taqwa Gresik.

Kepala KUA Kec Duduksampeyan, Nasichin Amin mengungkapkan, survey dilakukan agar masyarakat paham dan mengetahui potensi masjid.

“Agar masyarakat paham, apa yang sudah dilakukan oleh ta'mir masjid dan apa yang belum dan semestinya dilakukan ta'mir masjid guna melayani jamaah masjid,” ungkap Amin.

Amin menjelaskan program ini adalah salah satu program inovasi pelayanan KUA kepada masyarakat yang bekerja sama dengan STAI Darut Taqwa Suci Gresik dan Lembaga Ta'mir Masjid PCNU Gresik.



Amin menambahkan, selain survey potensi masjid, masih ada beberapa program inovasi lain yang sedang dan akan dilakukan oleh KUA.

“Selain program survey potensi masjid, kami masih ada beberapa program lain di antaranya program PTSL atau Prona Tanah Wakaf, Olimpiade Remaja Generasi Keluarga Sakinah, Pelatihan Pengukuran Arah Kiblat dan program lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, pada saat kegiatan sosialisasi diserahkan secara simbolis satu paket buku administrasi masjid. Buku tersebut adalah terbitan LTM PCNU Gresik yang terdiri dari buku induk ta'mir masjid, buku agenda musyawarah ta'mir, buku tamu dan buku kas keuangan.  (syam/kua.duduksampeyan).

Subscribe to receive free email updates: