Ukur Kemampuan dan Kesiapan Siswa, MTsN 7 Bantul Gelar Simulasi UNBK

BRNews - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan dari tingkat SD/MI sampai dengan SMA/MA. Ujian tersebut bertujuan untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa selama menempuh pendidikan.
Dari situlah akan terlihat seberapa besar daya serap siswa terhadap pembelajaran yang telah digelutinya. Selain itu, ujian nasional juga dilaksanakan untuk memetakan keberhasilan studi para siswa setiap jenjang pendidikan. Untuk mencapai sukses ujian nasional itu, sekolah atau madrasah tidak pernah henti-hentinya melakukan try out atau uji coba dalam berbagai model.

Pada beberapa hari  lalu (Rabu-Kamis 14-15/2) siswa kelas IX MTsn 7 Bantul melakukan simulasi UNBK yang dilaksanakan secara bergiliran dan terbagi dalam tiga sesi. Tampak para siswa semangat dan serius mengikutinya. 
Sejak dicanangkannya UNBK tahun lalu, MTs Negeri 7 Bantul sudah berupaya memberikan fasilitas komputer yang memadahi guna memberikan pelayanan kepada para siswa yang akan menghadapi ujian berbasis komputer. 
“Alhamdulilah, MTs Negeri 7 Bantul berhasil melaksanakan UNBK secara mandiri, sehingga para siswa tidak perlu repot untuk mengikuti ujian di lain tempat.
Simulasi ujian nasional berbasis komputer yang dilaksanakan selama dua hari itu menjadikan para siswa semakin terlatih dan terampil untuk menjawab soal. Bahkan para siswa menjadi semakin siap dan percaya diri untuk sukses jika saat ujian tiba. 
Nurhidayati, S.Pd, Wakil Kepala urusan kurikulum, mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik oleh seluruh siswa dan pengawas, sehingga dua hari ujian dapat dilalui tanpa kendala yang berarti.
Kepala MTs Negeri 7 Bantul, Etyk Nurhayati, S.Pd.I.,M.Pd. turut memantau secara langsung berjalannya simulasi UNBK tersebut. 
“Para siswa sudah tampak tertib dan tidak ada yang mengalami hambatan ketika mengerjakan soal. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi madrasah, setidaknya murid secara psikis sudah siap sejak dini,” ujarnya. (kemenag diy|mnm).

Subscribe to receive free email updates: