Sambut HAB ke 72, Kemenag Gelar Jalan Kerukunan dan Bedah Rumah


BRNews - Kementerian Agama (Kemenag) akan merayakan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 tepat pada 3 Januari 2018 mendatang. Memperingati hari ulang tahun Kemenag tersebut, Kemenag Provinsi Sumsel menggelar sejumlah kegiatan sosial seperti bedah rumah.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi didampingi Kepala Bagian Tata Usaha H. Paidol Barokat, Selasa (19/12) menjelaskan, jelang peringatan HAB Kemenag tahun ini, Sumsel menggelar beberapa kegiatan yang bersifat sosial seperti donor darah, sunatan massal, dan anjangsana ke panti-panti asuhan. Selain itu ada juga kegiatan bazar dharma wanita serta jalan sehat yang melibatkan masyarakat dan tokoh agama di Sumatera Selatan.
“Kegiatan ini digelar setelah upacara puncak di Lapangan KONI Kabupaten OKU Timur pada 3 Januari 2018. Berturut-turut kegiatan yang kita adakan adalah Jalan Sehat pada 7 Januari, Donor Darah pada 8 Januari Sunatan Massal pada 9 Januari, Bazar pada 8-9 Januari, dan terakhir anjangsana,” jelas Fajri.
Untuk kegiatan berupa pekan olahraga seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, lanjut Fajri, pihaknya mempersilakan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota untuk menggelar di wilayah masing-masing. Dan sejumlah Kemenag kabupaten/kota telah merampungkan kegiatan pekan olahraga. 
Dalam peringatan HAB Kemenag tahun ini, juga  mengadakan bedah rumah yang melibatkan masyarakat di Sumsel. Bedah rumah yang telah dilakukan di antaranya di kabupaten OKU Timur, tepatnya di Desa Bangsa Negara Kec. Belitang Madang Raya.
"Bedah rumah yang dibangun ini merupakan salah satu bentuk nyata dan kepedulian Keluarga Besar Kementerian Agama Sumatera Selatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Bedah rumah disambut baik oleh masyarakat karena keluarga yang terpilih untuk dijadikan sebagai objek Bedah Rumah adalah guru ngaji di lingkungan Bangsa Negara," tutur Fajri.
Sementara itu, keluarga yang dibedah rumahnya adalah Ustadz Arip Hidayat. Dia merupakan takmir Masjid Nurul Huda Desa Bangsa Negara sekaligus Penyuluh Agama Non PNS Kantor Kemenag Kab. OKU Timur. Arip yang memiliki tiga anak ini merupakan guru yang menjadi panutan bagi masyarakat sekitar. Karena, ia sangat membantu masyarakat sekitar untuk mendidik anak-anaknya mempelajari ilmu agama dan tidak merasa lelah untuk mengajar membaca Al-Qur’an serta memberikan penyuluhan nuansa Islami kepada masyarakat.
"Semua ini tidak saya sangka dan merupakan kado terindah dari Allah SWT. Saya tidak pernah menduga akan mendapatkan tempat tinggal secara gratis dari Keluarga Besar Kemenag. Semoga Allah senantiasa memberikan limpahan rezeki bagi semua Keluarga Besar Kemenag serta masyarakat di tempat saya tinggal," ucapnya. (humas kemenag sumsel).

Subscribe to receive free email updates: