Menekan Angka Perceraian, Kemenag Aceh Gelar Suscatin Serentak


foto kemenag prov. aceh

BRNews - Upaya menekan angka perceraian yang meningkat di Aceh, Kanwil Kemenag Aceh mulai dari Kemenag Kabupaten/Kota hingga Kecamatan menggelar kursus calon pengantin (Suscatin) pra nikah secara serentak se Aceh.

Hal ini diungkapkan Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh saat menjawab pertanyaan wartawan tentang kebijakan Kemenag dalam upaya pembinaan rumah tangga usai penyerahan ektra cover kepada jamaah haji Aceh yang wafat di pesawat, di aula Kanwil, Kamis (21/12).
"Angka perceraian yang terus meningkat perlu diantisipasi dengan cara pembinaan catin yaitu melalui kursus catin bagi pasangan yang  akan menikah," ujar Kakanwil.
Kakanwil juga mengatakan Kemenag pusat hingga daerah mengambil sikap dan melakukan program tersebut untuk mempertahankan rumah tangga.
"Kita awali pembinaan dengan bimbingan catin, dan dilakukan secara serentak di Aceh selama 6 bulan terakhir tahun 2017, pembinaan ini resmi dilakukan oleh Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan atau disebut BP4," imbuhnya.
Sesuai dengan Perdirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/542 tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pra Nikah mengamanatkan catin untuk mengikuti pembinaan sebagai salah satu tahapan menuju perkawinan.
Menurutnya, merujuk pada aturan untuk melakukan kursus pranikah menjadi sangat penting bagi pasangan guna tumbuhnya pemahaman dalam rumah tangga, 
"Dengan adanya pembinaan tersebut diharapkan pasangan dapat saling memahami hak dan kewajiban suami istri, serta cara mengatasi persoalan dalam rumah tangga, bimbingan nikah ini sangat besar manfaatnya," ungkap Daud Pakeh.
Ia menjelaskan program pembinaan catin yang dilakukan Kemenag juga melibatkan instansi lintas sektoral, seperti MPU, Kepolisian dan Dinas Kesehatan.
Sementara Kabid Urais Binsyar, Drs H Hamdan MA mengatakan terus berbenah dalam melakukan program pembinaan catin tersebut dan memaksimalkannya dengan melibatkan berbagai pihak. (kemenag aceh).



Subscribe to receive free email updates: