Memilih Perguruan Tinggi Prospektif, MAN 1 Yogyakarta Gelar Islamic Career Day

foto man 1 yogyakarta
BRNews - Memiliki wawasan dan pengetahuan untuk melanjutkan study  menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Bahkan  wajib bagi setiap civitas akademika untuk memilikinya. Untuk itulah Bimbingan Konseling MAN 1 Yogyakarta menggelar Islamic Career Day, Sabtu(16/12).
Ada 17 perguruan tinggi negeri dan perguruan swasta turut memeriahkan kegiatan ini. Perguruan tinggi tersebut membuka stan-stan informasi, dengan berbagai layanan informasi tentang studi lanjut  dan karir.
Kegiatan yang dihelat mulai pukul 08.00 WIB  hingga pukul 12.00 WIB itu, disambut dengan sukacita para siswa, terutama kelas XI dan kelas XII.  Selain informasi yang disajikan melalui stan perguruan tinggi, digelar pula 2 seminar sekaligus. 
Pertama, di masjid Al-Hakim lantai 1 dengan tema “Meraih jurusan yang tepat dan prospektif” diikuti oleh seluruh kelas XII, dengan narasumber dari UPN “Veteran” Yogyakarta. Kemudian yang kedua, dengan tema “Meraih perguruan tinggi favorit, tepat, dan prospektif”, yang diikuti oleh orang tua wali siswa kelas XII, dengan narasumber dari 3 perguruan tinggi negeri lingkup Yogyakarta, yaitu UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga.
Guru Bimbingan Konseling(BK) sekaligus panitia Farah Husna, M.Pd, menuturkan, kegiatan ini merupakan bagian dari pelayanan BK, selain bimbingan kepribadian, bimbingan klasikal, dan bimbingan akademik.
Farah, demikian sapaan akrabnya, menjelaskan kegiatan ini diharapkan agar para siswa mendapatkan informasi jurusan yang tepat dan cocok, serta sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing. “Kita memfasilitasi anak untuk mengetahui perguruan tinggi,” ujarnya saat ditemui di kantor BK.
Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. dalam membuka seminar menyampaikan, terkait regulasi baru tentang UAMBN, USBN, dan UN. Maka ia mengajak para orang tua wali siswa untuk bisa bekerjasama dan membantu madrasah dalam pendampingan belajar putra-putri mereka.  “Anak-anak jangan dimarahi, ya bapak ibu,”pintanya para orang tua wali siswa.
Pasalnya, para siswa kelas XII saat ini, sedang fokus dan berkonsentrasi untuk menghadapi ragam ujian ke depan. Sementara banyaknya mata pelajaran yang harus dikuasai, tentunya mereka mengalami kejenuhan. Maka orang tua wali diharapkan bisa mengambil sikap yang tepat dalam mendampingi para siswa itu.
Islamic Career Day berlangsung meriah. Tampak semua stan-stan perguruan tinggi dipenuhi oleh kunjungan para siswa kelas XI dan kelas XII.  Selain itu, kegiatan ini juga bertepatan dengan pembagian hasil Penilaian Akhir Semester (PAS), sehingga menjadikan kegiatan yang digelar tiap tahun ini menjadi semakin meriah.(kemenag diy|dzl|mnm).
 

Subscribe to receive free email updates: