220 Siswa MTsN Kota Cimahi Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa


foto jabar.kemenag.go.id

BRNews - Sebanyak 220 siswa MTs Negeri Kota Cimahi,  Sabtu-Senin (16-18/12/2017) mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).  Kegiatan ini dipusatkan di bumi perkemahan Paku Haji,  Ngamprah,  Bandung Barat.  Peserta terdiri dari kelas 7, 8, dan 9 yang merupakan pengurus OSIS dan para peserta pada kegiatan ekstrakurikuler.
Kepala MTs Negeri Kota Cimahi Drs.  H. Rudaya, M.M.Pd. melepas secara resmi kegiatan LDKS di halaman MTs,  Sabtu pagi (16/12/2017).  Dalam sambutannya ia menyampaikan LDKS rutin diadakan setahun sekali.
"Melalui LDKS diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta menjadi insan yang berkualitas prima dan berakhlakul karimah," ungkapnya di laman jabar.kemenag.go.id
Ketua panitia yang juga Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Amin, S. Pd. mengatakan jiwa kepemimpinan yang bernilai kemanusiaan harus dipupuk dan dikembangkan. 
"Semoga para peserta menjadi sosok inspiratif bagi siswa lainnya dan mereka menjadi pemimpin di masa mendatang, " ujar guru Bahasa Indonesia asli Banten tersebut.
Tema yang diusung pada LDKS tahun ini  yaitu "Membentuk Kader-Kader Pemimpin Berakhlakul Karimah." Materi LDKS meliputi wide game,  karakter pemimpin dalam Islam,  mengenal fitrah diri,  qiyamul lail,  keorganisasian,  dinamika kelompok,  spritual quetion,  gaul islami,  sejarah perjuangan bangsa,   muhasabah,  olahraga, dan lainnya.
Selama tiga hari peserta digembleng dengan teori dan praktek langsung di lapangan.  Mereka tidur di tenda secara berkelompok. Setiap datang waktu sholat peserta mengikuti sholat secara berjama'ah.  Selepas sholat ada siswa yang menyampaikan kultum.
Fadli salah satu peserta mengaku sangat senang. "Saya bersyukur dan merasa senang dapat mengikuti kegiatan LDKS. Banyak pembelajaran dan hikmah yang saya peroleh. Diantaranya pembiasaan kedisiplinan pada diri saya selama kegiatan berlangsung," tutur siswa yang beberapa bulan lalu berhasil meraih juara 1 Lomba Puisi tingkat Kota Cimahi.
Lokasi kegiatan yang udaranya sejuk dan asri menambah semangat para peserta. Mereka nampak antusias mengikuti acara demi acara. Wide game merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati. (kemenag|deni kurniawan as'ari).

Subscribe to receive free email updates: