Walkot Bima Arya Akui Penerimaan Zakat Membantu Program Pemkot Bogor

BRNews -Wali Kota Bogor Bima Arya saat launching Program Bogor Berkah Ekonomi Kreatif Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Bogor di gedung PPIB, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Selasa (21/11/2017), mengunkapkan, APBD  Kota Bogor sebesar Rp. 2,3 Triliun.
Anggaran tersebut, kata Bima, untuk biaya pembangunan, program pengentasan kemiskinan, pembinaan, pelatihan dan program lainnya untuk kembali dirasakan masyarakat. “Pemerintah tidak bisa sendiri tetapi harus menggandeng dan bekerjasama dengan semua pihak, salah satunya dengan Baznas,” kata Bima.
Bima menyebutkan, potensi penerimaan zakat itu luar biasa dan jika dimaksimalkan banyak sekali yang bisa dikucurkan untuk warga yang membutuhkan. Namun pekerjaan rumahnya bagaimana Baznas bekerjasama dengan Pemkot Bogor bukan hanya memberikan “ikannya”, tetapi “kailnya”.
“Jadi bantuan itu harus bisa untuk jangka panjang dan memberdayakan warga. Inilah program yang diharapkan bisa mengangkat warga dari yang usahanya kecil menjadi menengah dan akhirnya menjadi besar,” harap Bima.
Ia mengatakan, saat ini ada bantuan untuk kelompok-kelompok tetapi yang harus dipastikan adalah bukan hanya bantuan dan modal yang dikucurkan saja, namun ketika uang itu dikucurkan diikuti dengan bimbingan dan pelatihan-pelatihan agar warga yang mendapat bantuan dapat mengelola usahanya dengan baik. 
“Sehingga kemudian modalnya bertambah dan usahanya tumbuh menjadi besar,” jelas Bima seperti dirilis Diskominfo Pemkot Bogor. (mnm).

Subscribe to receive free email updates: