Kecamatan Kawali Juara Umum MTQ XLII Tk. Kabupaten Ciamis

BRNews - MTQ XLII tingkat Kabupaten Ciamis yang berlangsung selama 3 hari sejak Senin (20/11/2017), akhirnya resmi ditutup oleh Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin,  di panggung utama Alun-alun Ciamis, Rabu (22/11/2017).
Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, H. Yusron Kholid serta seluruh unsur pimpinan pada jajaran Kemenag Kabupaten Ciamis.
Kepala Kantor Kemenag Ciamis H. Yusron Kholid pada malam itu  langsung memberikan ucapan selamat  kepada kafilah Kecamatan yang juara umum. Mudah- mudahan bagi yang menang nanti mendapatkan nilai terbaik, bersiap-siap untuk mendapatkan kesempatan tampil pada MTQ Tk. Jawa Barat di Sukabumi pada bulan April nanti.  
"Bagi kawan-kawan, saudara, adik-adik yang pada tahun ini belum mendapatkan kesempatan menjadi juara, agar tetap berlatih semaksimal mungkin karena kesempatan selalu akan datang apabila kita mempunyai niat yang kuat dan berniat sungguh-sungguh tampil yang terbaik," pesannya.
Bupati Ciamis dalam sambutannya menyampaikan pada peserta yang melaksanakan MTQ hari ini baik dari mulai kita pawai taaruf sampai malam ini menyampaikan ucapan terimakasih atas segala partisipasinya. 
"Saya sampaikan banyak terima kasih atas partisifasinya, Alhamdulillah acara berjalan dengan sukes dan lancar,  dan juga Insyaallah hasilnya nanti akan umumkan, sehingga kepada yang berprestasi menang untuk mewakili Jawa Barat masih panjang kita bukan target Jawa Barat saja tapi harus target nasional bahkan lebih dari pada itu harus bisa meraih Internasional," papar Bupati.
Karena Ciamis ini, katanya, sudah beberapa prestasi diraihnya Tk. Internasional diantaranya kita mendapatkan Qori Kyai Abdul Azis juara internasinal, K.H. Zenal Abidin juga juara internasional  bahkan beliau sudah dikenal di Tk. Nasional dan Internasional, kedepan pihaknya ingin ada yang meraih lagi. 
"Mudah-mudahan dari MTQ ini Tk. Jawa Barat lolos, lebih besar bisa masuk lagi ke Tk.Internasional, untuk itu harapan kami tiada lain kecuali kami menitipkan pada LPTQ, Kyai, Pondok Pesantren untuk terus mengajar, membina dan memperjuangkan para Qori-Qoriah yang hari ini berhasil untuk terus mempunyai kemampuan berprestasi yang lebih tinggi dan pada Qori-Qoriah yang belum mendapatkan juara/ keberhasilan MTQ tahun ini masih panjang, masih ada waktu untuk berjuang dan masih banyak kesempatan untuk meraih prestasi. Insyaallah tahun-tahun yang akan datang Kabupaten Ciamis ini masih banyak potensi yang perlu kita gali khusunya dalam rangka MTQ sudah banyak mengikuti tapi kesempatan jadi juara masih kurang sehingga LPTQ harus mempunyai peran  bekerjasama dengan Pondok Pesantren, Kementerian Agama untuk terus berupaya sehingga suatu saat Ciamis ini juara umum Tk. Nasional/ Internasional," pungkasnya.
Menurut Ketua Dewan Hakim MTQ XLII, H. Wahyu, S.Ag., M.Pd.I, Musabaqah Tilawatil Quran tahun 2017 tingkat Kabupaten Ciamis mempertandingkan 6 cabang yang diikuti oleh khafilah yang merupakan perwakilan dari 27 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis.
Beberapa cabang yang dipertandingkan diantaranya adalah Cabang Tilawah Al-Qur’an , Golongan Tartil Al-Qur’an,Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Cabang Hifdzil Quran , Hifdzil Qur’an 1 Juz, Hifdzil Qur’an 5 Juz, Hifdzil Qur’an 10,20,30 Juz,Cabang Fahm Al- Qur’an , Cabang Syarh Al- Qur’an,Cabang Khath Al-Qur’an dan Cabang makalah Al-Qur’an.
Berdasarkan hasil pengumuman yang disampaikan pada malam penutupan MTQ XLII, Kecamatan Kawali berhasil meraih juara umum pada  MTQ XLII diikuti oleh Kecamatan Cihaurbeuti dan Kecamatan Cijeungjing sedangkan untuk peringkat terbaik peserta pawai ta’ruf adalah Kecamatan Rajadesa diikuti oleh Kec. Rancah dan Ciamis dan juga Lomba Cerdas Cermat antar Majlis Ta’lim juara pertama di menangkan Kec. Cijeungjing diikuti oleh Kecamatan Cipaku dan Ciamis. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: