Tanjab Barat Juara Umum MQK Tingkat Provinsi Jambi

BRNews - Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK) Tingkat Provinsi Jambi telah ditutup pada Ahad lalu  (22/10/17). Acara penutupan dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Sebapo Kabupaten Muaro Jambi.
Acara dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli yang sekaligus menutup kegiatan MQK yang telah dilaksanakan selama lima hari.
Mengawali sambutannya Gubernur mengucapkan selamat Hari Santri Nasional bagi seluruh santri yang ada di Indonesia. Dia  juga mengungkapkan acara penutupan yang bertepatan dengan hari santri tersebut semoga juga bisa menjadi motivasi bagi seluruh santri agar bisa memberikan yang terbaik bagi keluarga, daerah maupun bangsa dan Negara.
Lebih jauh Gubernur mengharapkan agar kegiatan MQK menjadi bagian dari syiar Islam.
"Kegiatan ini sangat penting kita lakukan sebagai bagian syi'ar islam. Selain itu juga dapat menjadi daya rangsang bagi santriwan/ti sebagai generasi penerus ulama dalam mempelajari kitab kuning serta pendalaman ilmu agama," lanjut Zumi Zola.

Pemenang  MQK tingkat Provinsi Jambi ini akan menjadi utusan Provinsi Jambi pada penyelenggaraan MQK Tingkat Nasional ke-6 di Pondok Pesantren Raudhlotul Mubtadin Jepara yang akan digelar pada tanggal 27 November hingga 7 Desember 2017.
Sementara itu informasi yang didapat dari Kabag Agama Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi, Qomaruzzaman Juara umum pada MQK ini adala Kabupaten Tanjab Barat.
"Menjadi juara umum dalam ajang seleksi MQK Tingkat Provinsi Jambi tahun 2017 ini Kabupaten Tanjab Barat dengan perolehan emas 70, perak 27 dan perunggu 4 dengan jumlah poin keseluruhan 101. Sementara juara II diraih oleh Kabupaten Tebo, dengan perolehan emas 55, perak 21 dan perunggu 2 jumlah poin 78. Sedangkan Kabupaten Merangin pada ajang seleksi MQK kali ini meraih peringgkat III dengan 25 emas, 18 perak serta 8 perunggu dengan jumlah keseluruhan poin 51." pungkas beliau.
Pada MQK Tingkat Provinsi Jambi tahun 2017 ini memperlombakan sebanyak 42 cabang lomba. Beberapa lomba diantaranya adalah Musabaqah Fiqh Ula, Nahwu Wustha, Nahwu Ulya, Hadist Wustha, Hadist Ulya, Ushul Fiqh Wustha, Ushul Fiqh Ulya, Tarikh Wustha, Tarik Ulya, Tafsir Wustha, Tafsir Ulya, Debat Bahasa Arab, Fiqh Wustha, Fiqh Ulya, Akhlak Wustha, Akhlak Ulya.
Tampak hadir beberapa pejabat pada penutupan MQK antara lain Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busyro, Forkopimda Provinsi Jambi, Forkopimda Kabupaten Muaro Jambi, para pimpinan Pondok pesantren se Provinsi Jambi, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya. (kemenag jambi|mnm).


Subscribe to receive free email updates: