Qori Legendaris H. Muammar ZA

BRNews - Dalam blantika qiraah nama Muammar ZA begitu amat tersohor. Qori Legendaris, H. Muammar Zainal Asykin lahir pd 1954, dikenal dengan Muammar ZA, adalah seorang Qari' senior dan Hafiz dari Indonesia yang lahir di Pemalang Jateng. Ia dikenal secara nasional maupun internasional.
Muammar pemenang lomba "Musabaqah Tilawatil Quran" (MTQ) pada tahun 1980an di Indonesia maupun di luar negeri. 
Bakatnya sudah terlihat sejak kecil pada saat mengikuti lomba membaca Quran di Pemalang pada tahun 1962 mendapat juara di umur 7 tahun. Muammar, dikenal secara internasional dengan kemampuan nafas panjangnya (terpanjang di dunia, katanya). 
Ia dikenal memiliki segudang prestasi yang berhubungan dengan dunia qiro’ah. Di antaranya, ia pernah menjadi juara 1 MTQ Se-Propinsi DIY tahun 1967. 
Selain itu, selama tiga kali berturut-turut (1967, 1972, 1973) menjuarai MTQ tingkal nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tahun 1979 dan 1986 menjadi juara dalam lomba qori’ tingkat Internasional. 
Atas berbagai keberhasilannya ia kerap diundang keliling di berbagai belahan dunia. Di antaranya dia diundang mengaji di Istana Raja Hasanah Bolkiah (Brunei), Istana Yang Dipertuan Agung Malaysia hingga ke Jazirah Arab. 
Pernah diundang ke Pakistan untuk melantunkan ayat suci Al-Qur'an disana pada tahun 2009. Dia juga pernah diundang untuk melantunkan ayat suci Al-Quran di Turkey pada tahun 2004. 
Sejak usai SD, Muammar mondok di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Setelah mondok, Muammar belajar di PGA Yogyakarta. Sempat pula ia belajar di IAIN Sunan Kalijaga. Selama kuliah ia masih menggeluti dunia qari. 
Mengikuti MTQ tingkat Provinsi DIY tahun 1967, ia berhasil menyabet juara pertama tingkat remaja. Setelah itu langganan tetap menjadi kontingen DIY di MTQ Nasional. Dari Yogyakarta, Muammar ZA pindah ke Jakarta melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ), Ciputat. 
Pada tahun 2002, Muammar ZA mendirikan Pesantren "Ummul Quro" ( أم القرى) yang berada di Cipondoh, Tangerang untuk menciptakan Qari dan qari'ah muda berkelas internasional sejak dini.  dengarkan vedionya. (tvhaji|wikipedia). 

Subscribe to receive free email updates: