MIN Gulai Bancah Bukittinggi Bentuk Karakter Siswa Dengan Shalat Dhuha

BRNews - MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) Gulai Bancah Kota Bukittinggi setiap Selasa, Rabu dan Kamis melaksanakan Shalat Dhuha berjama’ah sebelum memulai pelajaran di kelas. 
 
Kepala MIN Gulai Bancah Kota Bukittinggi, Elvi Rahmi mengatakan sebelum memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), siswa-siswi dibiasakan untuk membaca do’a-do’a dan dilanjutkan dengan shalat Dhuha berjamaah. 
Dengan dituntun dan diawasi para guru-guru mulai mengambil air wudhu secara tertib dan bergantian dengan memilih salah satu siswa untuk menjadi imam kemudian siswa melaksanakan shalat dhuha berjama’ah dengan tertib.
“Tak lupa setelah melaksanakan shalat dhuha berjama’ah para siswa dan guru berdo’a bersama-sama agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam  proses belajar mengajar,” tutur Elvi.
Kakan Kemenag Kota Bukittinggi saat ditemui sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Shalat Dhuha berjama’ah merupakan salah satu cara untuk menciptakan siswa berkarakter sejak dini menerapkan disiplin melalui shalat duha berjama’ah. Kita juga berharap kalau sedari kecil anak-anak sudah dibiasakan untuk melaksanakannya sesudah besar nanti mereka akan tetap melaksanakan kebiasaannya tersebut,”kata Abrar
Abrar menambahkan, kemampuan orang tua untuk mendidik anaknya menjadi saleh tentulah terbatas. Karena itu, orang tua juga memberi amanah kepada guru di sekolah untuk dapat mewujudkan harapan tersebut. "Selaku penerima amanah, guru di sekolah sejatinya memiliki program yang mendukung untuk terbentuknya kepribadian peserta didik yang shaleh," tuturnya lagi.
Di antara program yang patut dilakukan pendidikan karakter, kata Abrar, itu harus dilakukan dan dibiasakan oleh orang tua di rumah termasuk guru di lingkungan sekolah. (kemenag sumbar|mnm).

Subscribe to receive free email updates: