Menuju Era Digital KUA Se Kab. OKU Timur Ikuti Pelatihan Simkah

BRNews - Seiring dengan meningkatnya tekhnologi yang begitu pesat berkembangannya,  institusi pemerintah yang senantiasa dituntut agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat tidak terkecuali Kementerian Agama, menggelar pelatihan Operator SIMKAH (sitem informasi manajemen nikah) Se-Kab. OKU Timur  bertempat di KUA Kec. Belitang, Sabtu (28/10).
Kakanmenag OKU Timur H. Abdul Rosyid saat di konfirmasi  sangat mendukung sekali dengan adanya peningkatan SDM khususnya operator SIMKAH yang ada di KUA se- Kab. OKU Timur. Menurutnya Penerapan SIMKAH di setiap KUA merupakan salah satu sarana untuk membangun citra Kementerian Agama dalam hal pelayanan publik.
Nilai strategis yang dimiliki KUA sebagai unit terdepan Kementerian Agama pada tingkat kecamatan akan mengarahkan pada suatu pandangan bahwa citra KUA dalam pelayanan masyarakat berbanding lurus dengan citra Kementerian Agama. Oleh karena itu, dibutuhkan tata kelola yang tidak main-main agar SIMKAH dapat diterapkan secara optimal sesuai dengan harapan.
“Apalagi ada delapan (8) KUA yang baru saja dimekarkan dan telah dilakukan pelantikannya berapa minggu yang lalu, saya berharap untuk KUA yang baru agar bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik agar terwujud pelayanan prima,” kata Rosyid.
Secara terpisah Kasi Bimas Islam Kemenag OKU Timur, H. Syarif menyampaikan bahwa KUA adalah ujung tombak pelayanan Nikah, maka dari itu SDM operator SIMKAH harus terus ditingkatkan. Selain dari pada itu pemberlakuan PP No 19 Tahun 2015 harus menjadi acuan dalam melaksanakan pelayanan nikah.
“Oleh karena itu, untuk memberikan pelayanan prima di Kementerian Agama, khususnya di bidang pencatatan nikah di KUA, maka peningkatan Kualitas Tata Kelola SIMKAH menjadi program yang wajib dilaksanakan demi membangun terwujudnya citra KUA yang bersih,” tuturnya.
Pihaknya berharap dengan diadakannya pelatihan secara sederhana ini akan memacu dan menambah wawasan  operator dalam mewujudkan pelayanan KUA menuju era digital. Hal ini tentu selaras dengan tuntutan masyarakat pada era globalisasi, yang mengharapkan adanya kemudahan akses informasi yang murah, cepat dan akurat melalui teknologi informasi dalam satu genggaman. (kemenag sumsel|mnm).

Subscribe to receive free email updates: