Sambut 1 Muharam 1439H, Madrasah Unggulan Wahab Hasbullah Gelar Istighotsah dan Apel

BRNews - Berbagai cara dilakukan  dalam menyambut tahun baru Islam1 Muharram 1439 Hijriyah, salah satunya dilakukan Madrasah Aliyah Unggulan KH Abdul Wahab Hasbullah atau MAUWH Tambakberas Jombang. Mereka menggelar istighotsah yang diikuti pimpinan, guru, karyawan, serta seluruh siswa di halaman madrasah, yang dilanjutkan upacara bendera.

"Sebenarnya, upacara atau apel pagi adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan madrasah setiap tanggal 17," kata Ustadz Abdul Haris, Rabu (20/9).

Karena beberapa hari berikutnya ada peringatan 1 Muharram atau tahun baru Islam, maka upacara diundur dan dilaksanakan hari ini. Demikian pula untuk memberi nuansa berbeda, diadakan juga kegiatan istighotsah, lanjut Wakil Kepala MAUWH bagian kesiswaan tersebut.

Dalam pandangan alumnus Universitas Al-Azhar Mesir ini, istighotsah dan apel pagi memberikan pesan yang layak jadi renungan.

"Kepada semua pihak yang terlibat dalam MAUWH, khususnya peserta didik untuk terus mengingat dan memegang teguh amaliyah yang selama ini menjadi ciri khas warga Nahdlatul Ulama," kata Ustadz Haris.

"Kegiatan yang diawali istighotsah bertujuan memohon ampunan Allah serta ikhtiar batin agar selalu diberikan kemudahan dalam segala hal, terutama dalam menuntut ilmu," jelasnya.

Pada saat yang bersamaan, para siswa akan kian terbiasa dengan amaliyah nahdliyah serta memiliki pencerahan terhadap dasar alamiyah tersebut, lanjut alumnus IAIN Jember ini.

Upacara kali ini juga berfungsi sebagai ajang bagi para peserta didik yang tergabung dalam klompok baca untuk menampilkan karyanya baik puisi, cerpen,  hingga pidato.  Juga pemberian penghargaan kepada pesert didik yang paling rajin mengunjungi dan membaca sejumlah buku koleksi persustakaan madrasah.

Yang juga istimewa, sejumlah siswa turut menerima piala dan penghargaan lantaran terpilih sebagai the best student of MAUWH.(nu online|mnm).

Subscribe to receive free email updates: