LASQI Jawa Barat Gelar Muswil di Sumedang

BRNews - Bertempat di Hotel Puri Khatukistiwa Jatinagor, Sumedang, Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Prov. Jawa Barat menggelar musyawarah wilayah (Muswil) pada Jum'at 15 September 2017.

Dalam Muswil ini LASQI akan melakukan inovasi dan peningkatan mutu SDM yang berkualitas.
Ketua SC LASQI, Dra. Ir. Hj. Eni Sumarni, MM. M. Kes dalam pembukaan mengatakan, Jabar kahiji sesuai dengan slogan jawa barat. Maka kami pun berkomitmen untuk menjadikan seni budaya dan qasidah Jawa Barat menjadi kahiji alias menjadi peringkat pertama di Indonesia. Seni budaya dan qasidah merupakan salah satu upaya untuk menjadikan generasi bangsa mencintai Islam melalui seninya karena potensi Jawa Barat sangat bagus dan terkenal.
"Semoga dengan muswil ini kita dapat menjalin silaturahmi dan bertukar  informasi terbaru  mengenai perkembangan seni dan qasidah," papar  Eni Sumarni.
Pada kesempatan yang sama, Ka.Kanwil Kemenag Prov. Jabar, Drs. H. A. Buchori, MM memberikan sambutan  mengenai pentingnya budaya seni Islam dalam meningkatjan gairah semangat masyarakat untuk lebih mencintai Islam.
"Penyebaran dan penguatan iman dan takwa pada agama Islam tidak hanya terpatok pada dakwah secara formal tetapi seni dan qasidah merupakan budaya Islam yang dapat diterima oleh masyarakat. Sehingga diharapkan dengan meningkatnya program LASQI serta prestasi yang ada dapat menarik minat masyarakat akan budaya islam. LASQI juga harus dapat menjawab tantangan jaman sehingga lbisa diterima masyarakat terutama generasi muda," jelas Buchori.
Sementara, Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, pada sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengungkapkan bahwa yang namanya seni tidak dapat bersifat statis tetapi harus bisa dinamis dan fleksibel dalam menghadapi jaman, begitu juga dengan LASQI yang memiliki tugas dalam pengembangan seni dan qasidah di Indonesia harus dapat meningkatkan program kerja agar seni budaya Islam terutama qasidah dapat diterima dan dicintai oleh masyarakat terutama pada generasi muda Indonesia.
"Jabar terkenal dengan pengembangan seninya maka seni dan qasidah pun harus turut berkembang sehingga qasidah jabar menjadi nomor satu di Indonesia. Hal ini juga dapat menambah nilai pariwisata religi di Provinsi Jabar," papar Ahmad Heryawan.
Akhirnya, Gubernur Jabar yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2019 , berharap Muswil yg dilaksanakan kali ini dapat memperoleh inovasi dan kreativitas untuk dunia qasidah di Indonesia. (kemenag jabar|mnm).

Subscribe to receive free email updates: