Ferdinal Hasan, Guru Madrasah Ibtidaiyah Yang Punya Usaha Pembibitan Pohon Tin


BRNews - Ferdinal Hasan, guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Blang Rheum, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Aceh, mulai bernafas lega. Pasalnya usaha penjualan bunga serta pohon Tin yang menjadi usaha sampingannya kini mulai maju. Bisnis pohon tin yang ditekuninya selama dua tahun terakhir diakuinya sangat membantu mendongkrak ekonomi keluarganya.

"Alhamdulillah, hutang di tiga bank sudah saya lunasi semua, ini berkat usaha penjualan pohon tin," kata Ferdinal saat media ini menyambangi Jeumpa Tin Garden, sebuah usaha penjualan bunga, bibit pohon serta pohon Tin di jalan Banda Aceh - Medan, Desa Glumpang Payong, Jumat (11/8/2017) sore.
Didampingi istrinya Syarifah Ruhaya, Ferdinal menjelaskan, sebanyak 170 varian pohon Tin ada ditempat usahanya. Awalnya pohon pohon Tin tersebut dibeli dengan harga mahal dari negara Turki, Spanyol, Prancis, Italia, Malaysia dan Thailand.
"Setiap hari ada saja yang membeli pohon Tin, baik dalam jumlah sedikit atau banyak,  Alhamdulillah...tidak pernah sepi," tambahnya.
Dia pun menyebut beberapa varian pohon Tin,  seperti Green Yordan, Purple Yordan, Brown Turkey, Red Libya, Red Palestine, Blue Giant, Enrico, Black Porto.
Lalu ada varian Italian Dark, Sals Gene, Black Bethlehem, Saleem Dark, Hardy Chicago, Sulthane, Abicoe, Noire de Caromb, Tenna, Bellone, Neggrone dan Conadria.
"Kalau untuk pemula,  saya menyarankan lebih baik memilih Green Yordan, karena Tin jenis ini sangat adaptif dengan iklim Indonesia, buah ukuran medium dengan rasa manis diatas 22 skala briek," jelasnya.
Untuk pohon Tin Green Yordan setinggi 25-30 cm dihargai Rp. 80-100ribu perbatang, sementara untuk Purple Yordan dibandrol 100-120ribu, adapun varian Jolle Tiger Farigata dibandrol  6 juta - 7 juta.
Berkat usahanya kini, pasangan suami istri ini kini merasa bahagia terbebas dari lilitan hutang serta telah mampu menambah omset bunga-bunga yang awal mulanya sedikit kini sudah banyak. Seluas mata memandang, pohon tin sangat mendominasi taman Jeumpa Tin Garden.
"Pembeli datang langsung ada juga yang transaksi via online," sebutnya.
Untuk bisa bekerja sampingan seperti ini, Pak Ferdi, begitu dia akrab disapa,  harus rela mengurangi waktu istirahatnya, bahkan harus bekerja sampai malam hari.
"Pulang sekolah saya langsung beraksi menata bunga bunga dan pohon tin," katanya.
Saat pelantikan bupati dan wakil bupati Bireuen terpilih,  H.  Saifannur S.Sos dan Dr Muzakkar A. Gani beberapa waktu lalu turut mendatangkan rezeki baginya. Karena aneka macam bunga miliknya disewa panitia untuk memperindah arena pelantikan.(kemenag aceh|mnm).

Subscribe to receive free email updates: