Sejak 2016, Kemenag Kota Bandung Laksanakan Layanan Haji Satu Atap

BRNews - Kepala Kemenag Kantor Kota Bandung, Dr. H. Yusuf Umar, M.Pd.  menyampaikan bahwa sejak tahun 2016 Kemenag Kantor Kota Bandung telah memiliki Gedung Pelayanan Haji Satu Atap sebagai bentuk peningkatan pelayanan masyarakat dalam bidang haji.
Pernyataan itu disampaikan Yusuf Umar saat menyampaikan sambutan pada kegiatan manasik haji massal di Ruang Utama Masjid PUSDAI Bandung Jawa Barat, Rabu 12 Juli 2017.

Kepala Kemenag menjelaskan bahwa gedung Pelayanan Haji Satu Atap tersebut adalah merupakan sebuah upaya meningkatkan pelayanan bidang keagamaan pada masyarakat khususnya untuk tata kelola pelayanan pendaftaran ibadah haji.

Dalam proses pendaftaran haji semula jemaah haji membuka tabungan di Bank penerima setoran (BPS) biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) lalu mendaftar di kemenag domisili, selanjutnya kembali ke BPS BPIH untuk cetak nomor porsi dan kembali lagi ke kemenag domisili untuk menyampaikan bukti cetak tersebut.

Cara ini meletihkan calon jemaah. Dengan adanya pelayanan haji terpadu, maka proses itu akan dipangkas menjadi lebih singkat dan mudah. Dimana seluruh proses pendaftaran haji oleh jemaah dapat dilakukan seluruhnya di kantor kemenag Kota Bandung. Dan hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas pelayanan dalam pelaksanaan pendaftaran haji bagi jemaah.

Gedung Pelayanan Haji Satu Atap Kemenag Kantor Kota Bandung telah diresmikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Buchori, MM dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil, ST., MUD pada tanggal 18 Nopember 2016, serta ditinjau langsung oleh Dirjen Penyelenggara Haji Umroh Kemenag RI, Prof Dr. Abdul Jamil, MA. (kemenag jabar|mnm).

Subscribe to receive free email updates: