Siswa MAN Binjai Harus Menjadi Generasi Unggul

AL AHYU, SAAT BERI SAMBUTAN.(KEMENAGSU).
BRNews - Madrasah Aliyah Negeri Binjai melaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) atau yang lebih dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS), Rabu 21 Juni 2017  dilapangan olahraga MAN Binjai.

Hari pertama pelaksanaan MATSAMA dimulai dengan pelaksanakan apel pembukaan MATSAMA. Seluruh siswa berjumlah 312 orang yang telah dinyatakan lulus seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
Bertindak sebagai Pembina apel Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai H. Al Ahyu sekaligus membuka secara resmi kegiatan MATSAMA MAN Binjai TP.2017/2018.
Dalam sambutannya Al Ahyu berpesan kepada seluruh peserta MATSAMA agar menjaga kesehatan fisik dan mental selama mengikuti kegiatan MATSAMA. Hal penting disampaikan beliau adalah mengenai kriteria generasi unggul.
"Generasi unggul yang pertama harus memiliki kecerdasan intelektual, memiliki ilmu pengetahuan dan mampu mengamalkannya sehingga memberi manfaat bagi orang lain. Yang kedua, Al Ahyu menyampaikan bahwa generasi unggul harus memiliki pengetahuan ilmu agama dan juga harus mengamalkannya. Apapun cita-cita ananda, apapun profesinya jika tidak memiliki ilmu agama maka akan sia-sia," kata Al Ahyu.
Kriteria ketiga, generasi unggul harus memiliki akhlak yang baik, dimulai dari tutur kata, sopan santun, duduk sila, hingga cara berpakaian. Tujuan utama orang tua siswa menyekolahkan ananda di MAN Binjai agar memiliki akhlak yang baik.
Terakhir, yang keempat Al Ahyu menjelaskan bahwa untuk menjadi generasi unggul harus memiliki karya. Siswa MAN Binjai tidak harus bercita-cita menjadi PNS, Guru, Pengacara, namun profesi seorang wirausaha/pengusaha yang memiliki karya juga patut diperhitungkan.
Diakhir sambutannya Al Ahyu menekankan kepada seluruh peserta, agar jangan durhaka kepada orang tua, karena orang tua telah bersusah payah menyekolahkan ananda hingga tingkat tertinggi, tanpa mengharapkan balasan dari ananda. "Orang tua akan merasa puas jika kalian berhasil dan senantiasa menjadi anak yang berbakti kepada mereka," kata Al Ahyu.(kemenagsu|mnm).
 

Subscribe to receive free email updates: