Penerimaan Zakat Meningkat, Namun Angka Mustahik Masih Tinggi


BRNews - Perolehan zakat fitrah alami peningkatan, namun peningkatan raihan zakat ini belum berdampak pada penurunan jumlah mustahik.

Menurut Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung, Maman Abdurahman, tahun 2016 Baznas Kota Bandung berhasil mengumpulkan zakat senilai Rp 41,64 miliar. Tahun ini, zakat fitrah yang terkumpul di Kota Bandung sebesar Rp 51,06 miliar.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan penerimaan zakat di Kota Bandung meningkat. Salah satunya, kata Maman, karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk membayar zakat fitrah  semakin tinggi. Hal ini, seiring dengan meningkatnya pemahaman agama di masyarakat.

"Penyebab lainnya, adanya gerakan ayo bayar zakat yang dilakukan Pemkot Bandung cukup masif dan bisa menggugah kesadaran masyarakat," katanya.

Namun, menurut Maman, meningkatnya perolehan zakat ini tak berbanding lurus dengan menurunnya angka kemiskinan di Kota Bandung. Karena, saat ini, jumlah mustahik di Kota Bandung belum mengalami penurunan. Angkanya, masih cukup tinggi.

"Ke depan, kami akan membuat berbagai program agar jumlah mustahik di Kota Bandung bisa berkurang kalau ada program pemberdayaan," katanya.

Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil mengaku, berbahagia dan bersyukur bahwa tahun ini pendapatan zakat yang dikelola oleh meningkat dari tahun lalu. Berdasarkan data Baznas, ada peningkatan yang signifikan dari perolehan zakat yang sebesar 19 persen.

"Tahun lalu Baznas mengumpulkan zakat senilai Rp 41,64 miliar. Tahun ini, zakat fitrah terkumpul Rp 51,06 miliar se-Kota Bandung," ujar Emil sapaan Ridwan Kamil.

Emil mengatakan, data tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan muzakki atau orang yang wajib berzakat sebesar 7,6 persen. Data tahun 2016, tercatat ada 1.148.175 orang. Pada tahun 2017, jumlah tersebut bertambah menjadi 1.291.896 orang.(rol|mnm).

Subscribe to receive free email updates: