Al Qaranqashouh, Bagi-Bagi Hadiah Tradisi Oman di Bulan Ramadhan

ILUSTRASUI. (TIMES OF OMAN)
BRNews - Memasuki minggu kedua bulan suci Ramadhan, anak-anak Oman dibuat gembira dengan tradisi Al Qaranqashouh. Al Qaranqashouh adalah tradisi sosial (semacam memberi hadiah-red) yang selalu diselenggarakan di Oman tiap tahunnya. Acara ini diadakan pada malam pertengahan bulan suci Ramadan.

Dikutip dari laman Times of Oman, segerombolan anak-anak akan keluar rumah setelah berbuka puasa dan mengunjungi rumah-rumah warga untuk menerima permen, koin, uang kertas dan kacang-kacangan.
Tradisi seperti ini tentu membuat anak-anak bergembira. Ini merupakan pesta bagi para bocah untuk mempersiapkan diri menyambut hari raya Idul Fitri.
Memiliki baju baru pun juga menjadi salah satu impian anak-anak dan mereka berharap para warga yang dikunjungi rumahnya dapat memberi baju baru untuk persiapan hari raya.
Hadiah yang diberikan kepada anak-anak sangat bervariasi. Setiap rumah berlomba-lomba untuk memberikan hal terbaik kepada anak-anak.
Banyak pejabat negeri yang merayakan Al Qaranqashouh untuk membuat anak-anak merasa bahagia. Selain itu nama Al Qaranqashouh juga dikenal dengan sebutan Qarge'an oleh negara-negara yang tergabung dalam dewan kerjasama teluk (GCC).
Al Qaranqashouh dinilai sangat berkontribusi pada peningkatan komunikasi sosial. Hal ini juga memungkinkan anak-anak untuk menerapkan perilaku baik dengan pergi bersama-sama. Kerja sama tim juga dinilai sangat membantu tumbuh kembang anak.
Berdasarkan informasi, tradisi Al Qaranqashouh sudah menjadi tradisi dari zaman kuno. Orang tua dan anak-anak ambil bagian dalam tradisi ini guna mempertahankan warisan leluhur.
Di Oman sendiri, beberapa lembaga sosial dan perusahaan komersil mulai berpartisipasi dalam tradisi Al Qaranqashouh dengan memberi makanan, mainan dan pakaian kepada anak-anak.
Anggota Dewan Kotapraja yakni Sheikh Salim bin Ali Al Na'ebi mengatakan, tradisi Al Qaranqashouh adalah acara sosial keagamaan yang dapat mengubah perkembangan sosial anak dari sisi sosial dan ekonomi.(liputan6).

Subscribe to receive free email updates: