Muhammad Rizqon, Juara 3 MTQ Internasional Disambut Ribuan Siswa Madrasah

BRNews - Muhammad Rizqon (16), juara 3 Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Internasional di Turki tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin,  Senin (29/5/2017), pukul 15.10 WITA. Ribuan warga Kalsel termasuk siswa madrasah Kalsel ikut menyambutn kedatangannya.

Tampak ikut menyambut, pejabat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) dan pihak keluarga di ruang vip Bandara.
Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan Hermanyah Manaf menyampaikan kebanggaannya terhadap prestasi yang diraih putra Kalsel di ajang MTQ Internasional. "Kita sangat bangga, apalagi ini prestasi tingkat internasional," akunya di vip room bandara.
Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) Hj. Nurmilati nampak tidak dapat menyembunyikan rasa senangnya saat putra bimbingannya mengharumkan nama banua di pentas dunia. "Sudah lama kita dambakan gelar ini setelah sekian tahun tidak pernah lagi kita raih," kesannya.
Menurut Nurmilati, Rizqon adalah salah satu kader harapan masa depan Kalsel karena usianya masih sangat muda, baru 16 tahun. Dia berharap Rizqon akan terus bisa menoreh prestasi untuk Kalsel. "Kami dari Kemenag dan LPTQ siap untuk terus membina," tegasnya.
Rizqon mengaku tidak mengira bisa masuk babak final dan mendapat juara tiga pada even MTQ Internasional. "Tiba di tempat acara, semua peserta diminta unjuk kebolehan. Dari 60 utusan berbagai negara, 10 di antaranya dinyatakan tidak boleh tampil," terangnya.
Menurut Rizqon, ada mekanisme yang berbeda dari pelaksanaan MTQ di Indonesia. Jika di Indonesia ada kelompok umur, di MTQ Internasional tidak dibedakan. Itulah yang sangat berat bagi saya karena harus bersaing dengan peserta yang usianya lebih dewasa dan kualitas suara lebih tinggi," ujarnya.
Lebih lanjut, anak tunggal dari pasangan H. Bakir dan Hj Eti Muswati tersebut mengaku banyak pengalaman yang diperoleh selama mengikuti kegiatan. "Banyak variasi lagu yang ditampilkan dan semuanya bagus, terutama peserta dari Iran yang mempunyai suara tinggi dan lagu yang sangat merdu," pungkasnya.
Sebelum mendapat kepercayaan mewakili Indonesia pada MTQ Internasional di Turki, pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin tersebut sebelumnya juga berprestasi di bidang yang sama, yaitu: Juara I golongan tilawah remaja pada MTQ Nasional XXIX tingkat Prov Kalsel di Kota Barabai Kabupaten HST tahun 2016. Rizqon juga meraih juara III golongan tilawah remaja pada MTQ tingkat nasional di Kota Mataram NTB.
Atas keberhasilannya tersebut Rizqon menerima plakat penghargaan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan serta mendapat hadiah uang 20 ribu Lyra atau sekitar Rp.75 Juta. (kemenag.go.id|mnm).

Subscribe to receive free email updates: