Maklumat Ramadhari Dari Kemenag Kabupaten Ciamis

BRNews - Kepala Kantor Kemenag Kab. Ciamis, H. Ahmad Sanukri membacakan maklumat bersama dalam rangka menghormati dan mengagungkan bulan suci Ramadhan tahun 1438 H/ 2017M, di hadapan peserta rapat di ruang Sekretariat Daerah Kab. Ciamis Senin (22/5/2017).
Maklumat ini ditandatangani Bupati Kab. Ciamis dan berlaku untuk seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis. Adapun isi maklumat tersebut adalah:
Pertama untuk memastikan awal dan akhir ramadhan 1438 H. agar memperhatikan pengumuman resmi pemerintah.
Kedua memakmurkan bulan suci ramadhan 1438 H. dengan penuh semangat untuk beribadah seperti shalat berjamaah tiap waktu, tadarusan Al-Qur'an, infak, shodaqoh dan amal sholeh lainnya.
Ketiga agar menjauhi segala bentuk maksiat yang akan merugikan diri sendiri dan ketentraman masyarakat.
Keempat pemilik warung makan/ rumah makan/ catering/ restaurant untuk tidak melakukan pelayan kepada konsumen pada waktu puasa.
Kelima penyedia makanan / minuman untuk berbuka puasa diperbolehkan melayani konsumen mulai pukul 15.00 WIB.
Keenam, masyarakat non muslim dan atau muslim yang tidak puasa karena ada udzur ada halangan lainnya agar tidak makan/minum pada siang hari di lingkungan masyarakat yang sedang melaksanakan puasa.
Ketujuh penyedia jasa hiburan (tempat karaoke dan sejenisnya) agar tidak melaksanakan aktivitas selama bulan puasa.
Kedelapan lembaga pendidikan agar menyelenggarakan pesantren ramadhan,
Kesembilan orang tua /wali murid agar mengikutsertakan putra/putrinya pada kegiatan pesantren ramadhan,
Kesepuluh semua pihak agar menindaklanjuti isi maklumat ini sesuai dengan kewenanganya masing-masing,
Kesebelas pemimpin Intansi, ormas keagamaan, DKM, pondok pesantren, tokoh agama, tokoh masyarakat, mubaligh agar mensosialisasikan isi maklumat ini kepada masyarakat secara arif dan bijaksana serta dapat berkoordinasi dengan aparat pemerintah dalam menangani permasalahan yang timbul di kalangan masyarakat.
Menurut bupati Ciamis H Iing Syam Arifin, maklumat tersebut dimaksudkan agar masyarakat dalam melaksanakan puasa di bulan suci Ramadahan ini berada dalam suasana yang aman, nyaman dan tertib, serta penuh dengan khusyuan. (kemenag jabar).

Subscribe to receive free email updates: