Khatib Shalat Jum'at Ingatkan Jamaah Banyak Bertaubat di Bulan Rajab Ini

BRNews - Kepala KUA Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser, H.Ahmad Jazuli,S.Ag, di daulat sebagai khotib Sholat Jumat di Masjid Islamic Center Kutai Barat Jl. Pattimura, Melak, Kabupaten Kutai Barat.

Dalam khutbahnya Jazuli menyampaikan mengenai surah Al Isra ayat 36 dan Al Qiyamah ayat 36
"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Al Isra:36).
"Bahwa pendengaran kita, penglihatan dan hati nurani akan di minta pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT, kita ini terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menilai orang lain tapi sangat jarang menilai diri sendiri," ucap Jazuli mengingatkan.
Di kemudian bercerita. Ada seorang murid yg bertanya kepada gurunya, wahai Syekh mana yang lebih baik orang yang ahli ibadah tapi berakhlak buruk, di bandingkan orang yg berakhlak buruk tapi tidak banyak beribadah. Di jawab oleh gurunya keduanya baik.
Si murid berkata kenapa bisa begitu, di jawab gurumya karena orang yang ahli ibadah berakhlak buruk bisa jadi suatu waktu Allah memberinya hidayah dikarenakan ibadahnya sehingga menjadi berakhlak baik, begitu juga yang ibadahnya tdk seberapa tapi berakhlak baik bisa jadi nanti Allah SWT memberinya hidayah untuk beribadah yang baik karena akhlaknya yg baik. 
Lalu si murid pun bertanya kepada gurunya, kalau begitu siapa yang buruk wahai guru? Si guru menjawab sambil menangis yang buruk itu kita karena kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menilai orang lain padahal kita tidak di minta pertanggung jawaban tentang orang lain di hadapan Allah SWT.
Kita akan mempertanggung jawabkan diri kita sendiri mulai pendengaran apa yang ia dengar, penglihatannya ditanya apa yang ia lihat, bahkan hati nurani kita akan di minta pertanggung jawabannya di hari kiamat.
Di akhir khutbahnya H. Jazuli mengajak yang hadir agar bisa menginstrospeksi diri dan memohon ampun. "Oleh karena itu di bulan rajab alharam ini, kita gunakan waktu untuk introspeksi diri kita agar banyak bertobat kepada Allah SWT," ajaknya. (kaltim.kemenag.gi.id|mnm)

Subscribe to receive free email updates: