Asrama Haji Bengkulu Bagai Hotel Bintang Tiga

BRNews - Asrama Haji Bengkulu yang baru selesai dibangun adalah proyek yang dibiayai APBN dengan mekanisme SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) tahun anggran 2016. Bengkulu merupakan satu provinsi yang  memperoleh proyek Revitalisasi Asrama Haji dari pemerintah pusat bersama dengan 7 provinsi lainnya. Total anggarannya yang diperoleh sekitar 53 milyard.
Demikian diuangkapkan oleh Zahdi Taher, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melalui pesan singkat, Rabu (12/04/2017) pekan lalu.
“Asrama Haji Bengkulu dibangun dengan konsep hotel yang setara dengan kelas bintang 3.  Bangunannya terdiri dari 4 lantai yang memiliki 90 kamar. Rinciannya terdapat 84 kamar type Standar (4x7 m). Lalu 4 kamar type Superior ( 4x9 m), dan ada pula 2 kamar presiden suite,” kata Zahdi Taher.
Volume bangunan Gedung Asrama Haji seluas 5.846 m2. Lokasinya berada di Jl. padang Kemiling Raya Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. “Asrama Haji Bengkulu hanya berjarak 500 meter dari Bandara Fatmawati Bengkulu dan 10 km ke pusat kota Bengkulu dan 6 Km ke Pusat Kantor Gubernur Bengkulu,” lanjut Zahdi.                      
Asrama Haji Bengkulu yang berstatus sebabagi asrama haji transit memiliki daya tampung untuk jamaah haji sekitar 270 orang untuk tempat tidur normal, sedangkan jika ditambah extra bed pada masing-masing kamar bias memuat 4 orang dalam satu kamar, sehingga mampu digunakan untuk menginap Jemaah satu kloter (maksimal 450 jamaah).                      
“Direncanakan pada musim haji tahun 2017 sudah digunakan untuk layanan haji. Pada tahun ini Provinsi Bengkulu akan memberangkatkan 1.641 jemaah dan 20 petugas kloter yang tergabung di dalam 4 kloter,” tutur Zahdi                      
Zahdi melanjutkan bahwa Asrama Haji Bengkulu juga akan difungsikan layanan penginapan umum. Hal ini dalam rangka memaksimalkan fungsi asrama haji sekaligus upaya mendukung pariwisata Bengkulu ke depan.
Pembangunan gedung baru Asrama Haji Haji Bengkulu memakan waktu selama 8.5 bulan yang digarap oleh oleh kontraktor lokal PT. Persada Bakti Mandiri.
“Persemian Asrama Haji Bengkulu ini direncanakan pada tanggal 8-9 Mei 2017 oleh Menag RI,” pungkas Zahdi melalui pesan whatsapp masenger. (kemenag.go.id|mnm)

Subscribe to receive free email updates: