Anak-Anak Harus Dibiasakan Shalat Sejak Dini

Peringatan Isra' Mi'raj di MIN 3 Pulang Pisau, Sabtu (22/4/2017). (foto kemenag kalteng)
BRNews - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Pulang Pisau Kalteng pada Sabtu 22 April 2017 mengadakan Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1438 yang berlangsung di Mushalla MIN 3.
Bertindak sebagai penceramah Ustadz H. Khairil Anwar. Dalam tausiyahnya Khairil Anwar mengingatkan siswa-siswi MIN 3 untuk membiasakan shalat sejak dini. Pasalnya, ibadah shalatlah yang nantinya akan dimintai pertanggungjawabannya terlebih dahulu.
"Kewajiban shalat akan tiba saat akil baligh. Meski begitu, sejak anak-anak harus sudah dibiasakan melaksanakan shalat," kata Khairil Anwar.
Tentang peristiwa Isra' Mi'raj, Khairil Anwar menuturkan, Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima perintah shalat sebanyak 50 rakaat. Namun karena kasih sayang Nabi kepada umatnya, Rasulullah SAW rela bolak balik untuk meminta kepada Allah agar meringankan kewajiban shalat tersebut, yang pada akhirnya perintah shalat fardhu menjadi 5 waktu saja dalam sehari semalam.
Khairil Anwar juga mengingatkan kewajiban para siswa untuk menghormati kedua orang tua, jangan sampai menjadi anak yang durhaka sehingga mengakibatkan masuk ke dalam neraka.
"Kita syukuri apabila kita masih memiliki orang tua, kalau sudah orang tua kita tiada maka akan sulit bagi kita untuk berbakti kepadanya," ucap Khairil.
Kepala MIN 3 Pulang Pisau Muliani menuturkan, kegiatan keagamaan secara rutin digelar di madrasah ini. Tujuannya adalah untuk mendidik anak-anak agar lebih mengenal ajaran agama Islam.
"Peringatan Isra' Mi'raj kami laksanakan untuk menambah kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, sekaligus untuk mendidik siswa madrasah kami untuk memperbaiki kualitas shalat, khususnya shalat 5 waktu," ujar Muliani. (kalteng.kemenag.go.id|mnm)

Subscribe to receive free email updates: