Membangun Kebersamaan dan Kemandirian melalui Perkemahaan Pramuka

BRNews - Sejumlah 220 pramuka penggalang MTsN 1 Bantul mengikuti perkemahan di Bumi Perkemahan Garongan, Turi, Sleman. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari sejak Sabtu sampai Senin, 25 s/d 27 Maret 2017 memberikan bekal agar peserta memiliki pengalaman belajar lebih bermakna dengan berinteraksi langsung dengan alam terbuka.

Kegiatan Perkemahan Pramuka Penggalang MTsN 1 Bantul Yogyakarta merupakan ikhtiar untuk menanamkan jiwa kebersamaan, kemandirian dan kepemimpinan serta toleransi. 
Demikian disampaikan Rita Astuti, S.Pd. selaku kepala madrasah dalam sambutannya dalam upacara pembukaan perkemahan Penggalang MTsN 1 Bantul. Beliau juga menyampaikan pesan agar setiap peserta senantiasa mencintai lingkungan sebagai wujud kearifan manusia atas amanah Allah untuk selalu menjaga dan melestarikan alam.
Perkemahan Penggalang MTsN 1 Bantul tahun 2017 mengambil tema "Dengan Kebersamaan Kita Raih Kesuksesan". Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan tingkat Pramuka Penggalang Ramu. Pelantikan ini diharapkan menjadi pemacu semangat semua peserta perkemahan agar mampu mengikuti jejak angkatan sebelumnya yang telah menorehkan prestasi dengan menjadi utusan DIY dalam Jambore Nasional pada tahun 2016 yang lalu.
Di sela-sela kesibukannya, salah satu Pembina Pramuka MTsN 1 Bantul, Asih Budiati, S.Pd.M.Sc menyampaikan informasi bahwa target kegiatan perkemahan ini antara lain untuk meningkatkan kemandirian, kebersamaan, toleransi, dan cinta alam. 
Dia berharap, setiap pramuka penggalang memiliki bekal-bekal tersebut dalam meraih kesuksesan bersama. Sukses diraih melalui proses sinergi saling mengisi dengan kelebihan dan potensinya masing-masing. 
Fenomena kekerasan remaja akhir-akhir ini, tambahnya, dapat diminimalisir dengan pendampingan lebih intensif terhadap remaja. "Memberikan kesibukan dan kegiatan positif akan menyalurkan energi mereka menjadi sebuah pengalaman dan karya yang positif pula. Lembaga pendidikan harus menjadi taman bermain yang mengasyikan sehingga semua siswa belajar dari lingkungan secara positif. Salah satunya adalah kegiatan perkemahan ini," jelas Asih Budiati.
Berbagai agenda acara dalam kegiatan perkemahan ini dilakasanakan dengan penuh atusias oleh semua peserta. Berbagai acara yang diikuti peserta  diawali dengan pendirian tenda dan upacara pembukaan juga terdapat aneka lomba-lomba edukatif, materi keagamaan, materi kepramukaan, olahraga, tali temali, patriotisme, hasta karya, sandi dan semaphore, wide game, dan pentas seni. Walaupun cuaca di lokasi perkemahan sering turun hujan namun tidak menyurutkan semangat peserta dalam mengikuti setiap agenda yang dijadwalkan. Hal ini dibuktikan dengan keseriusan mereka dalam menggali ilmu tentang pentingnya menjaga kelestarian alam salah satunya kunjungan di pusat pengolahan air mineral yang letaknya tidak jauh dari lokasi perkemahan. (mnm|kemenag yogyakarta)
 

Subscribe to receive free email updates: