Inilah Amanat Menag Saat Lantik Enam Pejabat di Kemenag

Menag Lukman memberikan arahan pada pelantikan pejabat Eselon II. (foto: daniel)
BRNews - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik 6 orang pejabat eselon II dilingkungan Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi Islam. Dalam menyampaikan amanatnya ada lima poin yang secara tegas dan lugas disampaikan Menag.

Amanat ini ditujukan bukan  hanya kepada pejabat yang baru dilantik, tapi juga untuk seluruh jajaran pimpinan Kementerian Agama. Pertama, pejabat harus memegang teguh amanah dan sumpah jabatan.
Menag berharap kita semua memiliki hati nurani yang tidak tertutup oleh kegelapan, sehingga bisa membedakan antara haq dan bathil, benar dan salah, dalam melaksanakan tugas.
"Setiap terjadinya pelanggaran sumpah jabatan, sebelum orang lain mengetahui, hati nurani saudara-saudara sendiri yang pertama kali mengetahuinya," ucap Menag, Jumat (17/3/2017).
Kedua, pejabat harus bisa menjadi teladan bagi bawahan dan masyarakat. Menurutnya, pemimpin yang jujur, lurus, dan berkarakter akan dihormati dan dicintai bawahan, bukan karena jabatan semata, melainkan karena kualitas pribadi yang dimiliki.
Ketiga, pimpinan harus jadi agen perubahan di lingkungannya dan bisa mempengaruhi bawahan untuk ikut melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.
Keempat, pimpinan harus menyiapkan diri menjadi pelayan orang banyak, membuka diri untuk menerima kritik, menghindari ego sektoral atau merasa paling pintar, sehingga perlu mendengar dan meminta masukan dari orang lain.
"Setiap pemimpin tidak cukup hanya menjadi pembicara yang baik, tetapi sekaligus harus bisa menjadi pendengar yang baik," katanya.
Kelima, pemimpin wajib membekali diri dengan soft skill berupa kemampuan manajerial, kemampuan memetakan dan memecahkan masalah, kepandaian membangun jejaring dalam arti positif untuk mendukung kelancaran misi organisasi, serta keberaniann mengambil keputusan dalam berbagai kondisi dan situasi.
"Setiap pimpinan, mulai eselon paling bawah sampai eselon paling tinggi, harus memiliki kejujuran, keberanian dan keterbukaan untuk mengkomunikasikan dan mendiskusikan berbagai masalah dan kendala dalam pelaksanaan tugas atau implementasi suatu kebijakan," tandasnya.
Enam pejabat Eselon II dilantik oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. (foto: daniel)
Berikut ini daftar nama 6 pejabat yang dilantik oleh Menag:
1. Abdullah, sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak
2. Nur Arifin, sebagai Kepala Biro AAKK UIN Sunan Ampel Surabaya.
3. Ali Irfan, sebagai Sekretaris Badan Penjaminan Produk Halal
4. Muharom Marzuki, sebagai Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan pada Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
5. Chairul Fuad Yusuf sebagai Kapus lektur Hasanah dan Manajemen Organisasi pada Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
6. Samsul Bahari , sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Ponorogo
(mnm|kemenag.go.id)

Subscribe to receive free email updates: