Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar Buka Acara Seleksi Tilawatil Qur'an

MUHAMMAD NIZAR (foto: kemenag)
BRNews - Wakil Bupati Lingga, Kepri, Muhammad Nizar saat memberikan sambutan pada pembukaan perhelatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Sabtu 18 Februari 2017 di Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga berharap, agar STQ jadi ajang tahunan  ini  sarana untuk menjaring bibit berbakat dalam bidang baca, hafalan dan tulis Qur'an..

Wabup Lingga yang juga ex.officio Ketua Umum LPTQ Kabupaten Lingga, dalam kesempatan itu  mengingatkan peserta untuk tampil secara maksimal dan bersaing dengan kompetitif. Penting bagi Pemerintah untuk mendukung kegiatan STQ.
"Bukan hanya syiar semata, tapi lebih kepada menjaga dan merawat semangat orang - orang yang terus senantiasa gemar untuk belajar Quran. Semakin banyak belajar tentu banyak membaca. Dengan sering membaca dan terus mengamalkannya niscaya rahmat Allah akan selalu datang memberkahi kehidupan kita," kata Wabup di laman kemenag.go.id.
Kepada dewan hakim Wabup mengingatkan agar semua dewan hakim untuk terus meningkatkan kompetensinya sehingga bisa bekerja secara objektif, dilaksanakan sesuai aturan dan prosedur sehingga lebih profesional. Prosesnya pun bersih dan dapat dipertanggungjawabkan secara moral.

Wabup meminta, STQ bukan hanya ajang seremonial tapi harus bisa dirasakan manfaatnya. Harus mempunyai dampak positif terhadap kehidupan masyarakat. Khususnya masyarakat Kecamatan Selayar.
"Melihat kondisi hari ini dengan pengaruh budaya negatif yang luar biasa tentunya kita harus berhati - hati. Kita harus bersama-sama mengawal akhlak generasi muda. Terus belajar Quran dan mengamalkan sebagai pedoman hidup, insyaallah kita akan selamat. Mari terus kita dorong bagi siapa saja yang ingin belajar Quran tidak peduli tua maupun muda. Kami juga akan membuat surat kerjasama dengan Kemenag.Lingga untuk membuat materi khutbah serentak sesuai dengan isu yang sedang berkembang. Baik itu tentang remaja, narkoba dan perilaku menyimpang," pesan Wabup saat memberikan sambutan pembukaan, di Selayar, Sabtu (18/2/2017).
Hadir saat pembukaan Camat, para Kades, Ketua MUI, PHBI, komisioner KPPAD, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kasubbag TU Kemenag.Lingga, Zahid.
Sabtu sore dilaksanakan pawai taaruf yang diikuti oleh 4 (empat) desa di wilayah Kecamatan Selayar. Pawai taaruf juga dimeriahkan oleh Marching Band Dabo Singkep.Pelantikan dewan hakim disejalankan dengan malam pembukaan. Untuk pembacaan ayat suci Al Quran pada pembukaan dibacakan oleh Abelia Puspita, juara 3 MTQ Nasional cabang tartil di Batam pada 2014.
Sebanyak 132 peserta ikut berpartisipasi pada even STQ Kecamatan Selayar ini. "Cabang yang dilombakan tartil,syarhil,fahmil,khattil dan rebana,"kata Adnan, ketua panitia STQ.
Camat Selayar Abang Syafril membuka STQ secara resmi. "Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak. Mari kita kembalikan semangat untuk membaca Quran. Selayar juga siap menjadi tuan rumah untuk STQ 2019 nanti,"ujar Abang Syafril.
Perhelatan tahunan ini  digelar mulai 18 - 21 Februari 2017 mendatang. "Harapan kami peserta yang keluar sebagai juara pada STQ Kecamatan bisa bersaing di tingkat Kabupaten, Maret mendatang di Daik,"harap Rusli, KUA Lingga yang juga ketua dewan hakim.(kemenag kepri)

Subscribe to receive free email updates: