Kemenag Serang Himbau Agar MTQ Dijadikan Ajang Dakwah

BRNews - Sejak penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Serang dibuka hingga penutupannya, alhamdulillah semuanya berjalan sukses dan lancar. Kesuksesan ini berkat dukungan semua pihak yang terlibat baik pemerintah maupun masyrakat. 

Hal ini karena dipahami bahwa MTQ sebagai bagian dari syiar Islam telah menjadi program nasional dan harus dipertahankan dan dipelihara dengan baik hingga akhir zaman. 
Kepala Kemenag Kota Serang Machdum Bachtiar pada acara penutupan mengatakan, dengan melaksanakan MTQ ini, maka kita sesungguhnya telah menjaga dan melestarikan Al-Qur'an sesuai dengan tuntunannya. Niat suci yang dicanangkan oleh pemerintah untuk menjadikan even religi ini sebagai salah satu syiar agama, maka kami berharap jadikanlah MTQ ini sebagai sarana media dakwah.
Lebih lanjut lagi, pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten ini memaparkan bahwa fungsi utama dilaksanakannya MTQ ini adalah sebagai salah satu usaha pemerintah yang didukung oleh elemen masyarakat Islam untuk menanamkan kecintaan akan Kitab suci Al-Qur'an. 
Dengan diadakannya MTQ ini masyarakat akan terus mencintai Al-Qur'an dan terus berlomba-lomba dalam kebaikan. Selain itu dengan MTQ ini pula para generasi penerus Islam akan terus termotivasi untuk mempelajari dan mendalami ilmu Al-Qur'an. Hal inilah yang menjadi dasar menentukan tema MTQ VII Kota Serang yaitu Membentuk Generasi Qurani Menuju Kota Serang Madani
Oleh karena itu, jika MTQ menjadi salah satu fungsi utamanya, maka penyelenggaraan ajang MTQ tidak boleh dijadikan hal-hal lain seperti meningkatkan gengsi daerah, mencari proyek, bagi-bagi uang dan lain-lain. Dengan MTQ masing-masing daerah harus serius berjibaku membangun masyarakatnya untuk mencintai Al-Quran sehingga lahirlah qori dan qoriah yang berkualitas. Namun jika MTQ dijadikan ajang gengsi daerah, maka, fungsi utama dari MTQ tidak lagi menjadi sarana dakwah menanamkan cinta Al-Quran pada masyarakat.(kemenag banten).

Subscribe to receive free email updates: