Kepala Kemenag Majalengka Ungkap Pentingnya Peran Ulama Dalam Pembangunan

BRNews - "Saya sangat mengapresiasi dalam pembinaan keagamaan dan lembaga keagamaan oleh para Kiai, ustadz maupun Ulama. Tidak ada yang bisa menafikan hasil karya para Kiai, Alim Ulama, Asatidz. Peran mereka memang hasilnya tidak seperti peran pembangunan fisik, bisa langsung kelihatan dan dirasakan. Namun dengan peningkatan iman dan ketaqwaan yang tercermin dari perilaku dan akhlak yang baik, itu merupakan hasil daripada peran dan bimbingan para Alim Ulama."

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Majalengka Dr.H. Cece Hidayat MSi pada sambutan kegiatan Pengajian Rutin Bulanan Kementerian Agama Majengka di Masjid Agung Al Imam Majalengka, Rabu (22/2/2017).

Lebih lanjut Cece menyampaikan bahwa peran Kiai dan Alim Ulama yang telah menjaga kondusifitas keagamaan dan lembaga keagamaan seharusnya menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah. Berikan penghargaan yang sepantasnya dan selayaknya kepada Kiai atau Alim Ulama dengan memperhatikan kesejahteraannya.

Baik berkenaan dengan kehidupannya maupun dengan lembaga yang dibinanya. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kemenag telah berupaya menjadikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah sebagai lembaga formal yang akan menjadi lembaga pendidikan keagamaan dan memiliki peranan yang penting untuk memberikan pemahaman keagamaan sejak dini.

Dijelaskan, perjuangan para Alim Ulama yang telah begitu ikhlas membina ummat dan masyarakat selayaknya mendapatkan peran  pemerintah untuk memajukan lembaga yang dikelolanya dengan memberikan bantuan sarana fisik materil dan kesejahteraan para pengasuhnya.

"Maka dari itu pemerintah daerah harus bersinergi dengan kementerian agama dalam memperhatikan keadaan para Ulama dan lembaga pembinaan yang diasuhnya seperti Ponpes, Majelis Ta'lim, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Raudhatul Athfal dan TPA/TPQ," ujarnya.

Selain perlunya peran serta pemerintah dalam kemajuan lembaga keagamaan, Kementerian Agama pun mendorong kepada masyarakat untuk bersama-sama bersinergi memberikan kontribusinya untuk memajukan pembinaan keagamaan dan lembaga keagamaan dengan peran serta memberikan bantuannya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

"Mari kita semuanya untuk menghormati dan menjaga harkat dan martabat para Alim Ulama karena melalui merekalah agama ini bisa terus maju dan berkembang. Jangan biarkan mereka terabaikan dan tidak kita perhatian." tutur Cece menutup sambutannya.(kemenag.goid).

Subscribe to receive free email updates: