Balitbang Kemenag Rilis Film Lebah dalam Perspektif Al Quran dan Sains

BRNews - Balitbang-Diklat Kementerian Agama melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) merilis film pendek bertajuk "Lebah dalam Perspektif Al-Quran dan Sains". Film berdurasi sekitar 30 menit itukini bisa dinikmati masyarakat pada chanel youtube Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran.Pgs. Kepala LPMQ Muchlis M Hanafi mengatakan bahwa film tentang Lebah dalam Perspektif Al Quran dan Sains ini merupakan rintisan pengembangan hasil kajian terhadap ayat-ayat Al Quran yang mengandung isyarat ilmiah berbasis multimedia. Menurut beberapa pakar, lanjut Muchlis, jumlahnya mencapai 750 ayat, bahkan ada yang mengatakan 1000 ayat.
"Sebagian besar ayat-ayat tersebut sudah dikaji oleh sebuah tim yang dibentuk LPMQ Balitbang Kemenag, bekerjasama dengan LIPI, dan telah terbit dalam bentuk ensiklopedia tafsir ilmi/sains sebanyak 19 jilid," ujar Muchlis di Jakarta, Kamis 23 Februari 2017.
Menyadari jangkauan buku yang masih sangat terbatas, ditambah dengan tingkat baca masyarakat yang masih rendah, LPMQ bekerjasama dengan LIPI berusaha menghadirkan hasil kajiannya dalam bentuk film-film pendek.
"Ini menjadi salah satu upaya kami untuk membuka wawasan umat beragama tentang keagungan kitab suci. Agama dan Sains bukanlah dua hal yang perlu dipertentangkan. Keduanya bisa saling menopang dalam mewujudkan kedamaian dan kebahagiaan umat manusia," ujarnya.
"Kita berharap, terutama pada generasi muda, siswa/i sekolah dan madrasah dapat lebih mencintai kitab suci," tambahnya.
Pada tahun 2017, LPMQ berencana untuk memproduksi lima film pendek lainnya. Setelah Lebah, produksi film berikutnya adalah Burung, Laba-Laba, serta Semut dalam Perspektif Al-Quran dan Sains. "Dua judul lainnya adalah Ashabul Kahfi dalam Perspektif Al-Quran dan Sains, serta Firaun dalam Perspektif Al-Quran dan Sains," katanya. (kemenag.goid).

Subscribe to receive free email updates: