MUI dan BPJPH Kawal Produk Halal

Menag Lukman Hakim bersama Ketum MUI KH Ma'ruf Amin pada Tasyakur Milad LPPOM MUI. (foto: boy)
BRNews - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tantangan atas penyelenggaraan jaminan produk halal ke depan semakin kompleks dan tidak ringan. Karenanya, sinergi antara Badan Pelaksana Jaminan Produk Halal (BPJPH) dengan MUI, Kementerian/Lembaga, dan seluruh stakeholder terkait diperlukan.

"Apa yang telah diperjuangkan oleh MUI dan LPPOM MUI, perlu diperkuat negara dalam bentuk regulasi yang secara khusus mengatur tentang ketentuan produk halal," ucap Menag saat Tasyakuran Milad Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik di Gedung MUI, Jakarta, Rabu (25/1/2017).
Menurutnya, pengesahan UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal menjadi instrumen penting dalam menjamin kepastian hukum atas penyelenggaraan jaminan produk halal di Indonesia. Implementasi regulasi ini akan menguatkan peran MUI dalam penyelenggaraan jaminan produk halal.
"MUI merupakan mitra utama Badan Pelaksana Jaminan Produk Halal yang memiliki kewenangan dalam bentuk sertifikasi auditor halal, penetapan fatwa kehalalan produk, serta akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal," katanya.
Menag berharap, dengan adanya transparansi penyelenggaraan, prosedur sertifikasi yang sistematis, standar halal yang diakui, baik nasional maupun international, serta komunikasi yang baik dengan semua pihak, akan menjadikan kewajiban halal di Indonesia sebagai nilai tambah daya saing produk. "Pasar Halal Indonesia yang demikian besar harus dapat ditangkap sebagai peluang bisnis yang mampu memberikan keuntungan, karena jika peluang ini tidak diambil produsen lokal maka produk asing telah siap untuk menggantikannya," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Dalam kesempatan itu, Menag menyampaikan apresiasi kepada jajaran LPPOM MUI atas kiprah dan perjuangnnya dalam penyelenggaraan jaminan produk halal di Indonesia. Menag harap tim LPPOM MUI dapat terus bekerja ikhlas, semangat, penuh integritas dan profesiaonal sehingga mampu memberi manfaat dan sumbangan berharga bagi kemajuan bangsa.
Tasyakuran Milad Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik ini juga dihadiri Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin, Sekretaris MUI Anwar Abbas, Ketua LPPOM MUI Lukmanul Hakim, dan Direktur Pembinaan Syariah. (kemenag.goid).

Subscribe to receive free email updates: