Ada Apa Pengurus MUI Mendatangi Kediaman Gus Mus di Rembang...?

BRNews - Tujuh pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersilaturahim ke kediaman KH Musthofa Bisri (Gus Mus) di Pondok Pesantren Roudlutut Tholibin Rembang, Jawa Tengah, Jumat (27/1/2017). Tujuh pimpinan MUI yang datang dan bersilaturrahim yakni Wakil Ketua Umum MUI Pusat KH Zainut Tauhid Sa'adi, Ketua MUI Pusat KH Masduki Baidlowi.

Wakil Sekjen MUI Pusat KH Salahuddin Al Aiyubi, Ketua MUI Jateng KH Ahmad Daroji, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Jateng KH Ali Mufiz, Sekretaris Umum MUI Jateng dan seorang Sekretaris MUI Jateng Agus Fathuddin.
Menurut Zainut Tauhid, Gus Mus menerima ketujuh pengurus MUI dengan ramah, sembari bercerita yang lucu-lucu tentang kehidupan masyarakat.
"Maksud kedatangan pengurus MUI tak lain untuk bersilaturahmi karena memang telah lama direncanakan," katanya kepada Gus Mus sembari menyampaikan salam dari Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin.
Kepada pimpinan MUI, Gus Mus berpesan agar para pengurus MUI lebih serius dan aktif mengurus organisasi, agar MUI tak mudah ditumpangi oleh kelompok radikal yang merusak citra Islam dan MUI sendiri.
"Beliau mengingatkan pesan Mbah Sahal (panggilan untuk al maghfurullah KH Sahal Mahfudh, ketua umum MUI sejak 2003 sampai wafat 2014) agar MUI benar-benar menjaga predikat dan kompetensi ulama yang menjadi bagian dari tugas yang melekat pada MUI," kata Zainut.
Jika MUI hendak menetapkan fatwa, kata Gus Mus, banyaklah mempertimbangkan kondisi strategis bangsa, tepat konteks dan zaman, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.
"Pemberi fatwa harus 'alimun bizamanihi wa 'alimun bimujtamaihi (paham kondisi faktual masyarakat). Fatwa selayaknya tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. Kalau pemberi fatwa tidak mengetahui fatwanya meresahkan sedang semua orang memahami begitu, maka dia berada di menara gading," kata Gus Mus seperti ditirukan Salahuddin al-Aiyubi.
Sementara itu kepada Gus Mus, KH Ahmad Daroji, ketua MUI Provinsi Jawa Tengah menyampaikan banyak sisi positif yang diterima oleh masyarakat dari peran MUI selama ini dalam membimbing masyarakat yang telah berjalan dengan baik.
"Di Jateng, MUI telah banyak berkiprah antara lain dalam kegiatan penanggulangan bahaya narkoba, menangkal paham radikalisme, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan membangun kerukunan hidup dalam berbangsa dan bernegara," katanya.
Di akhir pertemuan, Gus Mus juga menyampaikan salam untuk Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin.
Zainut Tauhid menambahkan, silaturahmi seperti ini sangat penting untuk dilanjutkan khususnya dengan ulama ulama berpengaruh serta tokoh tokoh masyarakat lainnya.
Tujuannya, untuk membangun kesepahaman untuk meningkatkan dukungan kepada MUI dalam ihtiarnya melaksanakan tugas tugas keumatan dan kebangsaan. "Ini akan menjadi energi positif untuk langkah ke depan yang lebih baik," katanya. (republika).

Subscribe to receive free email updates: