Juara I Tahfidz Qur'an, Siswi MTsN Payakumbuh Terima Rp. 10 Juta

Baiturahman News - Back to Al-Quran (kembali ke Al Qur'an), Ini salahsatu Motto MTsN Payakumbuh untuk menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup.

Banyak faedah dan manfaat membaca (menghafal) Al-Quran, sebagaimana Hadits Rasulullah yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abi Umamah yang artinya, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, Bacalah olehmu Al Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).
Sebagai Madrasah yang memiliki program unggulan Tahfizul Qur'an, setiap siswa dicanangkan program one day one ayat. Siswa harus menghafal sekurangnya 1 Ayat dalam 1 hari, dengan program tersebut maka dalam kurun waktu tertentu siswa sudah dapat menghafal beberapa ayat/surat sesuai dengan target hafalan.
Pada tahun ini, ke tiga kalinya Pemko Payakumbuh mengadakan lomba Tahfizul Quran, mulai dari tingkat SD sampai tingkat SMA sederajat. Tidak ketinggalan MTsN Payakumbuh juga mengirim salahseorang Peserta didiknya untuk mengikuti lomba tersebut. 
Adalah Jamilatul Fitri, Kelas 9.5 yang telah mengaharumkan nama Madrasah di Kota Payakumbuh dengan meraih Juara -I Hafidz tingkat MTs/SMP.
Pemko Payakumbuh memberikan hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah yang diserahkan langsung Walikota Payakumbuh kepaada Emil sapaannya akrabnya, didampingi Waka Kurikulum, Eli Elvita di Ruangan Walikota Payakumbuh, Selasa (25/10/2016).
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi  mengaku bangga kepada para hafidz-hafidzah yang telah menjadi juara dalam lomba ini, Ia juga mengatakan bahwa lomba tahfidz yang diadakan tahun ini ada peningkatan dari tahun-tahun kemarin,  seluruh sekolah yang ada di Kota Payakumbuh mengutus Peserta didiknya untuk ikut serta dalam lomba tersebut, artinya bahwa seluruh Madrasah/ sekolah di Kota Payakumbuh sudah melaksanakan program tahfidzul Quran.
Ia juga memotivasi lagi agar syiar mengahafal Al-Quran semakin digemari oleh Peserta didik, maka pada lomba tahfizul Quran tahun depan rencananya akan memberikan hadiah kepada para peserta dari peringkat 1 sampai peringkat 10 dengan hadiah total sebesar Rp200 Juta.
Ia berpesan kepada para pemenang agar melanjutkan tingkatan menghafalnya sampai 30 juz, hadiah yang diberikan jangan hanya dilihat dari segi nominalnya, namun yang terpenting adalah pendekatan dari segi spiritualnya, sehingga Al-Quran yang sudah dihafal bisa memberikan dampak yang positif baik dari segi watak dan akhlakul karimah bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya.
Sahidin, Selaku kepala Madrasah sangat bangga atas prestasi yang diraih peserta didiknya, ia menyimpulkan bahwa Tahfizul Quran yang menjadi salah satu program unggulan MTsN Payakumbuh berhasil dan sudah memiliki prestasi, selanjutnya kedepan ia akan meningkatkan program unggulan tersebut agar peserta didik yang lain juga bisa mengahafal Al-Quran dengan baik seperti Jamilatul Fitri.(kemenag sumbar)

Subscribe to receive free email updates: