Agar Menarik, Ada Tiga Unsur Penting Dakwah Melalui Media

Baiturahman News - Dakwah di era globalisasi memiliki tantangan yang lebih berat dan kompleks. Salah satu tantangan itu adalah kehadiran media elektronik baik radio maupun televisi. Kehadiran televisi mampu mendesain iklim masyarakat, menyebarkan informasi sekaligus memberikan suguhan bermanfaat bagi masyarakat.
Hal tersebut  disampaikan Kepala Seksi Naskah Rekaman dan Siaran Keagamaan, Subdit Publikasi Dakwah dan HBI, Direktorat Penerangan Agama Islam, Subhan Nur, Lc, dihadapan Workshop Siaran Dakwah Melalui Media, di Cosmo Hotel, Jambi (11/4).
Dikatakan, kreatifitas program dakwah di televisi sangat bergantung kepada 3 (tiga) unsur. “Ada tiga unsur penting dakwah melalui media, Pertama kualitas pengisi acara (da’i), kedua, kreasi format acara, dan ketiga waktu penanyangan”, ungkapnya.
Ketiga unsur ini, kata Subhan saling melengkapi dalam menunjang kesuksesan sebuah program dakwah di televisi. Unsur pengisi acara (da’i-red) sangat penting yang tidak hanya mengandalkan aspek kualitas keilmuan tetapi juga aspek performance dalam rangka menarik perhatian pemirsa.
Mengingat dampak televisi yang luar biasa bagi masyarakat, lanjut Subhan, maka kegiatan-kegiatan dakwah pada era sekarang perlu diarahkan kepada pemanfaatan media elektronik, khususnya televisi. Selain itu, Subhan juga menyoroti pentingnya kemampuan menyeluruh bagi seorang da’i yang akan menghiasai layar kaca atau radio.
“Kita perlu menggalakkan dakwah melalui media, dengan catatan kemampuan berdakwah terus ditingkatkan, seperti public speaking, dan itu dapat diraih melalui workshop yang lebih banyak praktek daripada berteori”, terang Subhan.  (bimasislam.kemenag)

Subscribe to receive free email updates: