Penyuluh Agama Islam Majalengka Motori Bimtek Pengurusan Jenazah

Penyuluh Kec. Sindangwangi beserta panitia Bimtek Pengurusan Jenazah. (foto Kemenag.jabar)

Baiturahman News - Ilmu mengurus jenazah menjadi salah satu hal yang sering terabaikan. Padahal ilmu tersebut sangat penting untuk diketahui oleh seorang muslim tatkala ada yang meninggal dunia. Pengurusan jenazah tidaklah sederhana, melainkan cukup kompleks yang meliputi proses memandikan, mengafani, menshalati, mengantarkan, hingga menguburkannya. Sayangnya tak banyak orang yang mengetahuinya.

Oleh karena itu, Penyuluh Agama Islam Kec. Sindangwangi, Sair Nursalim menggagagas kegiatan Bimtek Pengurusan jenazah bagi pengurus masjid, masyarakat dan para jamaah atau siapa pun yang berminat mengikuti bimtek tersebut. Bimtek yang bisa dibilang langka ini dilaksanakan di Desa Ujungberung (9/9) dan Desa Balagedog (15/9) Kec. Sindangwangi Kab. Majalengka.
Menurut Nursalim, Bimtek pengurusan Jenazah ini menjadi salah satu event penting yang diprogramkan oleh Penyuluh bekerjasama dengan pihak terkait di wilayah Kec. Sindangwangi. Para peserta akan dibimbing bagaimana cara mengurus jenazah sesuai dengan tuntunan Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam.
Nursalim menjelaskan, pelatihan ini insya Allah akan dipandu langsung oleh tenaga trainer yang telah berpengalaman. Ia menilai pelatihan ini dirasa penting karena di masa sekarang ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara mengurusi jenazah orang yang sudah meninggal. Mungkin hal ini tidak akan jadi masalah jika di saat itu terdapat orang yang mengetahui bagaimana caranya mengurusi jenazah. Namun masyarakat akan kesulitan ketika orang yang tahu cara mengurus jenazah tersebut tidak ada ditempat.
"Oleh karena itu Alumni dari Bimtek ini diharapkan mampu tampil mengatasi persoalan tersebut", tutur Nursalim. Sebelum praktek para peserta dibekali dengan materi-materi sebagai penguat agar proses pelatihan lebih maksimal hasilnya.(kemenag jabr)

Subscribe to receive free email updates: