IIQ Jakarta Kini Miliki Prgram Doktoral






Baiturahman News. - Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) Jakarta, lembaga pendidikan tinggi yang menggabungkan sistem pendidikan pesantren dan perguruan tinggi dengan orientasi mencetak ulama wanita yang  intelek, berwawasan luas kini resmi memiliki program Doktoral (S-3) jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir.

Peresmian program doktor ini dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat menghadiri Dies Natalis ke-39 di Ciputat Tangerang Selatan, Sabtu 27 Agustus 2016.
IIQ, lembaga pendidikan yang didirikan tanggal 12 Rabiul Awal 1397 H, bertepatan dengan tanggal 1 April 1977 M atas gagasan Prof. K. H, Ibrahim Hosen, Sebelumnya IIQ memiliki program S1 yang mendalami kajian dan pengembangan ilmu-ilmu Al-Quran serta bidang keilmuan yang sesuai dengan program studinya.
Sementara Program Pascasarjana Magister Studi Agama Islam dimaksudkan untuk lebih mendalami dan mengembangkan Ulumul Quran dan Ulumul Hadis. Keberadaan IIQ telah melahirkan qariah dan hafizah yang mampu tampil di arena Musabaqah Tilawatil Quram (MTQ) Nasional maupun International.
Rektor IIQ Jakarta, Huzaimah Tahido Yanggo menyatakan, pada wisuda ini kali, ada 139 Ke-139 mahasiswi yang diwisuda S-1, 31 mahasiswi dari Fakultas Syari'ah. Fakultas Ushuluddin sebanyak 30 mahasiswi, dan Fakultas Tarbiyah sebanyak 78 mahasiswi. Sedang wisudawan S-2, 12 mahasiswa berasal dari konsentrasi Ulumul Qur'an dan Ulumul Hadits, Konsentrasi Syari'ah sebanyak 16 mahasiswa, dan 8 mahasiswa lainnya berasal dari Konsentrasi Tarbiyah.
Huzaimah menambahkan, mahasiswi S-1 IIQ yang berjumlah 1.586, berasal dari provinsi seluruh Indonesia. Sedang mahasiswa Pasca Sarjana berjumlah 535 Mahasiswa.
Program S-1 IIQ, diperuntukkan khusus mahasiswi (perempuan), sedang program S-2 dan S-3 yang baru saja diresmikan Menag, dibuka untuk umum.(sumber kemenag)


Subscribe to receive free email updates: