Empat Jamaah Calon Haji Kloter 4 Batam Tunda Berangkat Ke Arab Saudi

CALHAJ BENGKALIS DI EMBARKASI BATAM (kemenag)
BaiturahmanNews - Empat Jamaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) 4 Embarkasi Batam (BTH) ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena sakit. Mereka adalah Mohammad Nasir Bin Abdul Hamid Nomor Porsi 0400060578 Nomor Manifest (04/16) asal Kabupaten Bengkalis karena sakit, Rosdiana Nasir Binti Ebol Nomor Porsi 0400060579 Nomor Manifest (04/17) asal Kabupaten Bengkalis (pendamping jamaah sakit), Firmaliza Binti Nawawi Hasan Nomor Porsi 0400059607 Nomor Manifest (04/360) asal Bengkalis karena sakit dan Alex Darros Bin Darwis Nomor Porsi 0400059606 Nomor Manifest (04/359) asal Bengkalis (pendamping jamaah sakit).

Berdasarkan keterangan yang dikeluarkan oleh PPIH Embarkasi Batam Bidang Kesehatan, JCH atas nama Mohammad Nasir Bin Abdul Hamid didianogsa demam berdarah. Sementara itu JCH atas nama Firmaliza Nawawi Hasan didianogsa dalam kondisi anemia sehingga keduanya masih memerlukan perawatan di RS Otorita Batam.
JCH Kloter 4 BTH dilepas secara resmi oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin di Aula Arafah II Asrama Haji Batam, Jumat (12/8/2016). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bengkalis, Sekda Kabupaten Bengkalis, Sekda Kota Pekanbaru, Kepala Kemenag Bengkalis, Kepala Kemenag Kota Batam, sejumlah undangan dan jamaah haji yang memadati ruangan.
"Sampai saat ini sebanyak 3 kloter telah diberangkatkan ke Medinah dengan jumlah jamaah 1.341 JCH," kata Wakil Ketua I PPIH Embarkasi Batam H. Zulkifli.
JCH Kloter 4 BTH merupakan jamaah yang berasal dari provinsi Riau dengan jumlah 446 orang, dengan rincian Kabupaten Bengkalis 396 orang, Kota Pekanbaru 45 orang, dan Petugas Kloter 5 orang. Menurut jadwal jamaah haji Kloter 4 BTH akan kembali ke Tanah Air pada 20 September 2016 pukul 23.15 WIB.
"Berdasarkan hasil qur'ah maktab tahun 1437 H/ 2016 M, selama berada di Makkah, JCH Kloter 4 BTH akan menempati pemondokan di wilayah Jarwal maktab 25 Nomor Rumah 801," kata Zulkifli lagi.
Sementara itu Bupati Bengkalis H. Amril Mukminin, dalam arahannya berharap agar JCH dapat memanfaatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji untuk melaksanakan ibadah dengan tulus ikhlas. Sangat banyak umat Islam yang memiliki keinginan yang sama tetapi belum memiliki kesempatan yang sama, ucap H. Amril Mukminin.
"Jadikan sabar dan tawaqqal sebagai sebaik-baiknya bekal, karena sifat tersebut sangat diperlukan selama pelaksanaan ibadah. Arab Saudi berbeda dengan Bengkalis atau Pekanbaru oleh karena itu harus ada penyesuaian disana, patuhi aturan yang berlaku dan ikuti arahan petugas haji," ucapnya lagi.
"Saya harap jamaah selalu kompak dan menjaga semangat kebersamaan. Senantiasa saling ingat mengingatkan. Jaga nama baik daerah, jaga nama baik negara kita. Oleh karena itu kepada petugas saya minta dapat membantu dan membimbing jamaah karena ini tugas dan tanggung jawab saudara. Oleh karena itu tuntaskan amanah itu dengan baik," ujarnya.
Lebih lanjut Bupati berharap, jamaah dapat menjaga kesehatan. Prediksinya suhu udara disana lebih panas dari biasanya karena bertepatan dengan musim panas. Jamaah haji harus pandai menjaga diri. Makan makanan yang bergizi, minum air yang cukup, dan melakukan aktifitas dengan efektif.(kemenag kepri\nm)

Subscribe to receive free email updates: