Masjid Umumnya Rutin Verifikasi Arah Kiblat

Arah kiblat salah satu komponen terpenting sebuah masjid. Sebabnya Rashdul Qiblah merupakan salah satu momentum yang bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat. 

Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DMI), Imam Addaruquthni, menilai masjid-masjid di Indonesia sudah cukup banyak yang sering melakukan verifikasi arah kiblat. Itu bisa dilihat dari banyaknya masjid-masjid yang barisan shalatnya sudah tidak lurus dengan struktur bangunan.
"Saat ini kita shalat di manapun, itu sudah berubah garis shaf dengan struktur masjid," kata Imam kepada Republika.co.id, Kamis (14/7/2016).
Menurutnya, kondisi tersebut menjadi pertanda adanya perubahan arah kiblat dari struktur awal pembangunan masjid. Untuk itu, verifikasi perlu dilakukan pula pada mushola yang ada di perkantoran dan pusat perbelanjaan.
Terkait metode penentuan arah kiblat yang diplih, ia menyerahkan keputusan kepada masing-masing Masjid. Ada beberapa metode yang bisa digunakan para pengurus masjid seperti ijtima, teknologi atau saat matahari berada tepat di atas Ka'bah yang disebut Rashdul Qiblah.
Meski begitu, Imam merasa para pengurus masjid memang harus rajin melakukan verifikasi arah kiblat agar pelaksanaan shalat menjadi lebih baik. Ia mengingatkan verifikasi cukup dilakukan dengan mengubah garis shaf, sehingga tidak perlu merubah struktur bangunan masjid.(nm/rep)

Subscribe to receive free email updates: