Wabup Kukar Sampaikan Laporan Pada Forum Kaltim Berzakat

FORUM KALTIM BERZAKAT
Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah didampingi Baznas dan Kakan Kemenag Kukar melaporkan hasil pengumpulan zakat, infaq dan sedeqah Kab. Kukar melalui Teleconference dengan Gubernur Kaltim pada acara Kaltim Berzakat di pendopo Bupati, Rabu (22/6/2016) yang diikuti oleh 10 kab/kota.
Kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD, Ketua PA, Kapolres, FKPD dan para mustahik termasuk yatim piatu di Tenggarong.
Dalam laporannya, Wabup menyampaikan potensi zakat dikukar tahun 2014 sekitar 70 hingga 150 Milyar pertahun. Pada tahun 2015 total penerimaan Baznas Kukar sebesar adalah Rp 731.024.414 ditambah saldo tahun 2014 sebesar 198.821.946 sehingga total Rp. 929.846.360. 
Wabup menilai zakat ini lebih banyak dikeluarkan oleh pegawai negeri sekitar 60% dan masyarakat 40%.
Diakuinya hingga sejauh ini, perusahaan besar yang ada di Kukar seperti batubara belum mendapat perhatian dalam pengumpulan ZIS, kedepan akan diupayakan tekhnik pengumpulan diseluruh perusahaan yang ada sehingga dapat memaksimalkan pengumpulan zakat dalam satu atap dengan NPWZ.
Lebih lanjut disampaikan, ZIS yang masuk kas Baznas Kukar ini kemudian disalurkan melaui 5 program yaitu Kukar Cerdas dengan pemberian beasiswa pintar dan dana pendidikan, kedua adalah Kukar Sehat melalui biaya pengobatan dan khitanan, Indonesia Makmur dengan bantuan usaha jangka panjang dan bantuan modal UKM Pasar Ramadhan. Program selanjutnya adalah Kukar Taqwa dengan penyaluran bantuan TK/TPA, Dai dan Muallaf dan terakhir Kukar Peduli dengan bantuan tanggap darurat bencana.
Dalam kesempatan ini, seluruh FKPD menyampaikan langsung zakat dari masing- masing instansi kepada Baznas Kukar. Kemenag Kukar sendiri berzakat sebesar 23 Juta Rupiah. (kemenag kaltim)

Subscribe to receive free email updates: