Sambut Ramadhan, LDNU Kirim 20 Kader Dai ke Berbagai Negara

Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) terus bergerak menyiapkan kader-kader dai muda yang siap terjun ke dunia internasional dan media. Setelah melalui proses seleksi cukup panjang, sebanyak 20 dai muda dari berbagai daerah di Indonesia terpilih sebagai Tim Inti Dai Internasional dan Media (Tidim) LDNU.

Wakil Sekretaris LDNU yang juga penanggung jawab program Tidim, KH Wahfiudin Sakam mengungkapkan, program perdana ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para dai yang bakal mengisi safari dakwah ke beberapa negara. "Kami telah menyiapkan berbagai pelatihan untuk membekali dan meningkatkan kompetensi para dai. Salah satunya adalah pelatihan dakwah transformatif yang diadakan selama 11 hari," jelas KH Wahfiudin.

Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj saat pembukaan pelatihan mengingatkan seluruh peserta agar sungguh-sungguh dalam berdakwah. "Islam yang tumbuh di Indonesia terbukti mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai pemegang amanah, janganlah kita ragu untuk mendakwahkan Islam Nusantara dalam kondisi apapun," terangnya di laman nu online.

Pelatihan dakwah transformatif berlangsung selama 11 hari mulai tanggal 19-29 Mei. Para peserta mendapatkan berbagai materi yang dibutuhkan untuk tugas ke luar negeri, antara lain; bahasa Inggris, pemanfaatan TIK, psikoterapi, sosial budaya, fisik dan mental, Branding and Positioning, Public Speakingserta penguatan nilai-nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah. 

Nugraha Romadhan, Ketua Panitia Pelatihan Dakwah Transformatif menjelaskan jika seluruh peserta dikarantina 11 hari di Wisma Flora, Cisarua, Bogor. Peserta berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

"Metode yang kami gunakan adalah Pembelajaran Orang Dewasa (POD). Seluruh peserta terlibat aktif dan partisipatif untuk menyukseskan pelatihan. No one knows everything, everyone knows something," ujar Pengurus LDNU Divisi Diklat dan Pengkaderan ini. 

Ia menambahkan jika pada bulan Ramadhan ini, LDNU akan memberangkatkan delapan kadernya ke Eropa, Hongkong dan Malaysia. Sebagian akan melakukan safari dakwah ke berbagai daerah di Nusantara.(nu online)

Subscribe to receive free email updates: