Data Diklat Kemenag Sebut Pengajaran Kitab Kuning di Pesantren Menurun


Pengajaran kitab kuning di pondok pesantren kini mengalami penurunan. Penilaian ini didasarkan pada temuan penelitian Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama pada tahun 2010 lalu. Demikian diungkapkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan sambutan pada Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Sabtu (9/4/2016) malam.

Menurutnya, temuan litbang menunjukkan bahwa kitab kuning yang diajarkan para kyai pesantren jumlahnya rata-rata 13 (tiga belas) kitab dari ratusan bahkan ribuan yang ada. Sementara  para santri hanya mengaji 9 (sembilan) kitab kuning saja. Ini berarti  tingkat pembelajaran kitab kuning di pesantren semakin menurun. 

“Sungguh ini menjadi tantangan yang sangat luar biasa bagi kita semua, dunia pesantren dan Kementerian Agama sekaligus,” kata Menag yang dilansir laman kemenag.go.id.

Menag mengapresiasi komitmen para kyai dan santri pondok Buntet Pesantren  yang tetap konsisten mengaji kitab kuning dengan pola salafiyahnya. Ia yakin, semakin mendalami kitab kuning, santri akan semakin kuat ilmu keagamaannya. 

Sebagai langkah afirmatif,  lanjut Menag, Kementerian Agama telah mengeluarkan sejumlah kebijakan, baik terkait kelembagaan maupun bantuan. Pada aspek kelembagaan, Kemenag telah membuka ruang kelembagaan baru untuk memberikan pilihan kepada masyarakat dalam mendidik putera-puterinya menjadi kader ulama. Kelembagaan baru itu adalah Pendidikan Diniyah Formal, Satuan Pendidikan Muadalah,  dan Ma’had Aly. 

“Ketiganya merupakan entitas kelembagaan pendidikan keagamaan Islam yang bersifat formal untuk menghasilkan lulusan mutafaqqih fiddin (ahli ilmu agama),” papar Menag.

Menurut Menag, ketiga lembaga ini diselenggarakan oleh dan berada di pesantren. Sebagai satuan pendidikan yang bersifat formal, Pendidikan Diniyah Formal dan Satuan Pendidikan Muadalah pada Pondok Pesantren memiliki civil effect yang sama dengan sekolah dan madrasah. Civil effect tersebut antara lain: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), tunjangan sertifikasi guru, akreditasi, dan lain-lain. 

Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal dan Satuan Pendidikan Muadalah terdiri dari pendidikan umum (20%) dan pendidikan keagamaan Islam berbasis kitab kuning (80%). Lulusannya, selain dapat melanjutkan pada jenjang di atasnya, juga pada jenis pendidikan umum (SD/SMP/SMA/SMK/PTU) atau jenis pendidikan umum berciri khas Islam (MI/MTs/MA/PTKI).

Adapun Ma’had Aly, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 71 Tahun 2015 tentang Ma’had Aly, menjadi salah satu bentuk Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Ma’had Aly memiliki kewenangan dan hak yang sama sebagaimana UINIAINSTAIN, atau PTKI lainnya. Ma’had Aly didesain untuk melahirkan tokoh agama dan kyai yang berwawasan luas, matang dalam ilmu keislaman, menguasai khazanah pondok pesantren yang berbasis kitab kuning, serta menjadi pengayoman masyarakat. Karenanya, Ma’had Aly hanya dapat didirikan oleh dan berada di lingkungan pesantren.

“Kami berharap inisiasi kelembagaan pendidikan keagamaan Islam berbasis pondok pesantren ini menjadi ikhtiar bersama yang memberikan kemaslahatan dan kemanfaatan untuk pondok pesantren, negara, dan bangsa,” tutur Menag.

Terkait bantuan,  Kementerian Agama memberikannya kepada santri pondok pesantren yang tidak mengikuti layanan pendidikan umum dan berasal dari keluarga miskin dalam usia pendidikan. Bantuan yang diberikan masuk dalam Program Indonesia Pintar (PIP), sebagai wujud kehadiran negara agar semua anak bangsa dapat mengikuti layanan pendidikan.

“Silakan pimpinan pondok pesantren untuk berkoordinasi dengan Kemenag, baik di tingkat Kabupaten/Kota, provinsi, maupun pusat, untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan,” kata Menag.

Sebelumnya Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet KH Nahduddin Royandi Abbas menyampaikan bahwa Pondok Buntet Pesantren didirikan pada tahun 1758 Masehi oleh Mbah Muqoyyim. Saat ini, Pondok  Buntet memiliki sejumlah lembaga pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak Islam (TKI), Taman Pendidikan Alquran (TPA), Madrasah Ibtidaiyah (MI) Putra dan Putri, MTs NU Putra 1 dan 2, MTs NU Putri, MA NU Putra Putri, Akademi Keperawatan, Lembaga Bahasa Inggris dan Arab, dan Kursus Komputer. Saat ini, santri di bawah naungan YLPI berjumlah 2.118 yang bertempat di 45 asrama dan diasuh oleh 80 Kyai dan Nyai. (NM/kemenag.go.id)

Subscribe to receive free email updates: