Menakar Keberhasilan Puasa di Bulan Ramadhan



BRNews - Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.





Rasulullah saw pernah bersabda:
خير الناس من طال عمره وحسن عمله وشر الناس من طال عمره وساء عمله 
Sebaik-baik manusia yaitu mereka yang usianya panjang dan baik amalnya, sedangkan seburuk-beruk manusia adalah mereka yang usianya panjang tetapi amal perbuatannya buruk. (HR. Ahmad, Turmudzi dan Hakim)

Hadits tersebut bisa kita jadikan penimbang guna menakar keberhasilan ibadah puasa kita. Apakah lepas puasa ibadah kita semakin membaik ataukah memburuk? Jika ternyata makin bernilai positif, berarti Allah swt meridhai puasa kita. Tetapi jika belum ada tanda-tanda menuju lebih baik, haruslah segera kita perbaiki. Karena Allah swt tidak akan merubah nasib seseorang, kecuali orang itu sendiri yang berusaha. Karena sesungguhnya kadar kebaikan seseorang itu -sebagaimana hadits di atas- tergantung pada amal baiknya, bukan pada umurnya.


Amal kebaikan sungguhlah berbagai macam. Dalam salah satu haditsnya Rasullah saw pernah menjelaskan bahwa termasuk kebaikan itu adalah menghindarkan duri di tengah jalan hingga membaca dzikir di dalam hati, dan berjihad melawan musuh agama. Namun dalam konteks bulan Syawwal seakarang ini kebaikan itu lebih bermakna jika kita menurut sabda rasulullah saw.
اسرع الخير ثوابا البر و صلة الرحم واسرع الشر عقوبة البغي و قطيعة الرحم
Sesuatu yang cepat mendatangkan kebaikan ialah pahala kebajikan dan silaturrahim, dan yang paling cepat mendatangkan kejelekan adalah perkara buruk dan memutuskan hubungan (keluarga) silaturrahim. (HR. Ibnu Majah)

Begitulah pentingnya silaturrahim dalam Islam, sehingga diposisikan sebagai sebuah amal yang paling cepat mendatangkan pahala dan kebaikan. Malahan apabila dihubungkan dengan hadits di atas yang membincang tentang panjangnya usia seseorang maka hadits berikut sangatlah relfan. Karena usia panjang merupakan salah satu hikmah yang akan di dapat seseorang bila rajin bersilaturrahim.
مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
"Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557) 


Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.




Masihkah diantara kita semua yang meragukan bahkan menyepelekan anjuran silaturrahim? Sungguh yang demikian itu sebuah kesalahan fatal. Apapaun alasannya, karena hadits di atas sangatlah jelas sekali. Barang siapa yang menolak dan membenci berbagai anjuran dan nasehat-nasehat agama yang jelas-jelas berdasar pada syariat Rasulullah saw maka orang tersebut akan menjadi pengikut setia hawa nafsunya yang menyembunyikan dendam, egoisme dan kepentingan pribadinya dengan sejumlah alasan.
فكل من للشرع اعتراض فهو مغرور مخدوع
Tiap-tiap orang yang bertentangan dengan syara’, orang itu tertipu oleh hawa nafsunya dan tebujuk oleh syaitan. 

Yang dimaksud dengan syara’ adalah tuntunan agama (syariat) yang berdasar al-Qur’an sebagai kitab pedoman orang muslim dan hadits Rasulullah saw. Jika seorang muslim menjalankan apa yang dilarang dari keduanya ataupun tidak menjalankan segala yang diperintahkannya, sungguh mereka bukanlah seorang muslim yang taat. Karena segala tindakan seorang muslim harus berpedoman pada hukum Allah swt. sebagaimana ungkapan fiqih yang berbunyi
يجب على كل مسلم ان لايقدم على شيئ حتى يعلم حكم الله تعالى به
Wajib bagi setiap orang Islam untuk tidak melakukan sesuatu sebelum ia terlebih dahulu mengetahui hukumnya.

Demikianlah, bahwasannya kesuksesan kita dalam berpuasa terepresentasikan dalam kehidupan di bulan Syawal. Mereka yang telah berhasil melatih diri dalam mengekang hawa nafsunya, pasti di bulan Syawal ini akan lebih luas dadanya dalam meminta dan memberi maaf kepada sesama. Dan janganlah bairkan diri ini selalu dibawah bayang-bayang kendali syaitan. Ingatlah pesan Allah swt dalam surat shad ayat 26:
dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat darin jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan.  


Subscribe to receive free email updates: