Skip to main content

WISATA - ZIARAH


10 Top Destinasi Lombok yang Menggoda Wisatawan
Menpar Arief Yahya mengurai 10 tempat wisata keluarga yang cocok untuk mengisi liburan anak-anak sekolah. “Lombok sekarang dibangun sebagai destinasi utama, karena itu ke depan pasti akan dibangun berbagai sarana prasarana yang bertaraf internasional,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, di Jakarta.
Untuk bisa menjangkau 10 lokasi unggulan dalam #PesonaLebaranLombok, #PesonaKulinerLombok, #PesonaIndonesia, #WonderfulIndonesia itu tidak terlalu sulit. Jalan di Lombok sudah membaik, tinggal akses dan amenitas yang harus dikebut. Tapi Anda sudah bisa melihat Lombok saat ini:
1. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi terletak di pesisir sebelah barat Pulau Lombok. Walaupun tidak sebesar Pantai Kuta Bali, namun saat berada di Pantai Senggigi, Anda akan merasa seperti berada di Pantai Kuta. Pemandangan pantai dan bawah lautnya sangat indah. Wisatawan dapat ber-snorkling ria disini karena ombaknya tidak terlalu besar. Ini disebabkan kerena terumbu karangnya menjulang ketengah sehingga ombak besar akan pecah di tengah. Anda juga dapat bermalam disini sebab di sekitar pantai banyak terdapat hotel-hotel dengan harga terjangkau.



2. Batu Bolong
Batu Bolong masih terletak di Pantai Senggigi, jaraknya hanya sekitar setengah jam dengan berjalan kaki. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat, tempat ini dahulu merupakan tempat pengorbanan wanita perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.
3. Batu Layar
Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat makam seorang ulama dan merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Meski demikian, Batu Layar ramai mejadi salah satu objek wisata di Lombok ramai dikunjungi pada saat "Lebaran topat" yang merupakan Lebaran bagi orang yang berpuasa 1 minggu setelah lebaran Idulfitri.

4. Pulau Gili Lombok
Gili merupakan sebutan untuk pulau-pulau kecil yang terletak di sekitar pulau utama Lombok. Dari sekian banyak pulau-pulau kecil, ada tiga pulau gili di Lombok yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan yang berada di lepas barat Pulau Lombok. Ketiganya memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pantai yang putih bersih dan air lautnya sangat jernih. Kawasan di sekitar tiga pulau ini dikenal memiliki taman laut yang sangat indah dan menjadi habitat berbagai hewan laut.
5. Pantai Sekotong
Pantai Sekotong terletak di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat,  sekitar 60 kilometer dari Kota Mataram. Pantai ini dikelilingi perbukitan yang melingkar tak jauh dari pinggir pantai. Lautnya yang biru dan pantainya yang putih menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata di Pulau Lombok yang wajib dikunjungi. Pantai Sekotong ini masih asri, bebas polusi dan belum banyak dijamah manusia.
6. Taman Nardama
Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Taman dengan luas 2 ha ini dibangun pada 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.
7. Gili Nanggu
Selain tiga Gili di atas, ada lagi satu Pulau kecil yang menjadi incaran wisatawan yaitu Gili Nanggu. Di Pulau kecil berterumbu karang dangkal ini tersedia penginapan yang katanya milik perorangan. Di sini Anda bisa menikmati terumbu karang yang berjarak hanya sekitar 5 meter dari pantai komplit dengan ikan hias berwarna-warni. Bagi Anda yang senang berwisata bahari, menyelam, berjemur di pantai, atau rileks di tempat yang bernuansa alami, datanglah menginap di Gili Nanggu. Pulau seluas 12,5 Ha di barat Lombok ini dikelola dengan konsep Forest/Virgin Island, sehingga masih memiliki alam yang asri dan alami. Ketenangan dan keasriannya menjadikan Gili Nanggu sebagai tempat kunjungan rutin banyak tamu mancanegara. Gili Nanggu dijuluki: Paradise Island.
8. Air Terjun Sendang Gila
Air Terjun Sendang Gila (Sendang Gile) merupakan air terjun yang muncul dari atas tebing dengan ketinggian ±32 meter ini, terdiri dari dua bagian. Bagian atas yang hanya satu jalur air, dan bagian bawah yang keluar dari beberapa sumber air. Sentuhan alamnya tergolong masih jauh dari nuansa perkotaan, panorama asri dan cukup menawan. Konon, air yang ada di lokasi ini memiliki unsur magis. Airnya dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usia yang sebenarnya.




9. Pantai Kuta
Pantai Kuta memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pantai yang berpasir putih dihiasi dengan birunya air dengan gradasi hijau dikarenakan habitat bawah lautnya masih sangat terjaga kelestariannya. Ombak yang lumayan besar juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu surga bagi para pecinta surfing baik itu para surfer lokal ataupun Non Lokal.
10. Gunung Rinjani
Gunung Rinjadi merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl. Ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Di sini juga terdapat danau yang sangat indah yaitu Danau Segara Anak. Di danau ini banyak terdapat ikan sehingga orang datang ke sana bukan saja menyakisikan ke indahan alamnya tapi juga ingin merasakan suasana mancing di tengah pegunungan yang tenang dan sejuk. Tidak heran jika UNESCO tergoda untuk menjadikan rinjani sebagai salah satu kandidat geopark internasional.(PR)**

 

Kuliner Lombok, dari Ayam Taliwang hingga Plecing Kangkung

Dua makanan khas Lombok, Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung adalah favourit Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Setiap kunjungan kerja ke Lombok dan Bali, dua menu itu selalu menjadi santapan mantan Dirut PT Telkom Indonesia ini, baik di saat makan siang ataupun makan malam. 
“Saya ngefans dengan Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung,” aku Menpar Arief Yahya, yang didampingi kurator kuliner Vita Datau, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI).
Karena itu, kalau Anda berencana untuk liburan ke dua daerah itu, silakan coba dan cari sensasinya sendiri. Masakan itu sangat Indonesia, cara makannya tidak menggunakan sendok-garpu, melainkan menggunakan tangan. Sambalnya juga dibuat cukup “membakar mulut.” Ayamnya bukan jenis ayam potong biasa, tetapi ayam kampung yang tidak terlalu berumur, sehingga ketika disajikan dengan bumbu Taliwang itu terasa renyah dan tidak kenyal.
“Indonesia memang kaya akan objek wisata kuliner. Setiap suku dan daerah, selalu memiliki kuliner khas. Silakan coba! Tidak akan mengecewakan deh,” terang Menpar Arief Yahya, sambil mempromosikan hastag #PesonaLebaranLombok #PesonaKulinerLombok #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia.



Berikut ini 10 kuliner pilihan khas pulau itu yang mesti Anda uji.
1. Plecing Kangkung
Siapa yang belum tahu plecing kangkung? Olahan tanaman air ini begitu populer di setiap rumah makan di Lombok. Rasanya belum ke Lombok jika belum makan kulier Lombok yang satu ini. Memang tampilannya sederhana, namun rasarnya luar biasa. Paduan cabai rawit, garam, tomat dan terasinya begitu menggetarkan lidah. Setiap orang yang menyantapnya pasti menikmati sensai pedasnya. Plecing kangkung ini jelas sangat sehat dan membantu kesuburan karena ditambahkan tauge dan taburan kacang goreng untuk mempergurih rasanya.
2. Ayam Taliwang
Ayam Taliwang sudah menjadi kuliner Lombok yang paling populer. Cobalah ayam Taliwang bakar. Selain bisa dibakar, ayam Taliwang juga bisa disajikan dengan cara digoreng. Ayam kampung yang dipilih merupakan ayam yang masih muda sehingga dagingnya sangat empuk dan mudah sekali dilepaskan dari tulang-tulangnya. Sensasi makanan pedas memang surganya kuliner di Lombok. Jika sempat, tidak ada salahnya membawakan ayam Taliwang asli dari Lombok untuk dibawa ke Jakarta di hari yang sama. Rasa nikmatnya tetap bertahan hingga Jakarta.

3. Sate Bulayak
Mungkin namanya saja yang kurang familiar. Namun, sate bulayak ini hampir sama dengan sate Madura lainnya. Yang membedakan terletak pada lontong yang disajikan. Keunikan sate Bulayak terletak pada lontongnya yang dibungkus dengan menggunakan daun aren berbentuk spiral. Cara membukanya pun unik, karena harus mengikuti ulir daun arennya. Satenya menggunakan daging sapi yang sudah dipadukan dengan sambal khas suku Sasak. Kearifan lokal sate Bulayak ini dimakan dengan cara tanpa menggunakan sendok atau garpu. Jadi, pastikan sebelum makan Anda sudah mencuci tangan.
4. Nasi Balap Puyung
Sekali mencoba rasanya pasti Anda akan ketagihan untuk mencoba lagi. Itulah nasi balap puyung. Sensasi pedasnya menjadikan selera makan bertambah dan ingin nambah. Dengan topping ayam suwir, dipadukan dengan cabai, kacang kedelai, taburan rebon kering, abon dan lauk belut menjadikan paket nasi balap puyung ini juara.
5. Ares
Makanan khas lokal ini berbahan utama pelepah pisang. Ya, pelepah pisang yang masih muda ini diolah menjadi makanan yang enak. Sensasinya jelas bukan sensasi pedas. Siapa bilang rasa kuliner Lombok semuanya pedas? Ares ini rasanya perpaduan antara manis dan gurih karena menggunakan santan. Jangan salah, Ares ini biasa dijadikan pendamping nasi oleh Suku Sasak asli Lombok pada acara-acara pernikahan.


6. Sate Rembiga
Lombok memang surganya para sapi. Di sini sapi-sapi bebas berkeliaran sehingga tidak mudah stress. Itulah yang menyebabkan daging sapi dari Lombok Sumbawa terkenal lebih lembut dan nikmat. Sate Rembiga ini memiliki rasa yang unik mulai dari manis, gurih dan utamanya pedas. Nama Rembiga berasal dari nama sebuah desa Rembiga. Karena sangat laris dan populer sampai sekarang dikenal dengan nama Sate Rembiga.
7. Sate Tanjung
Selain mudah untuk mendapatkan sapi, Lombok juga berlimpah dengan kuliner baharinya. Nah, salah satunya adalah sate Tanjung yang bahan utamanya dari ikan Cakalang. Sate Tanjung biasanya dinikmati selagi masih panas dan didampingi dengan lontong atau nasi. Keduanya sama-sama memberikan kenikmatan tersendiri dalam menikmati sate ikan Cakalang Lombok. Rasa gurihnya didapat dari santan dan beberapa rempah khas Lombok.
8. Poteng Jaje Tujak dan Iwel
Makanan khas ini memang hanya muncul saat Lebaran. Jadi, rasanya agak sulit menemukannya diluar masa lebaran. Namun sebetulnya kuliner ini cukup familiar. Poteng adalah tape ketan dan jaje tujak atau tetel, mungkin lebih familiar dikenal dengan gemblong. Nah, Poteng Jaje Tujak ini diolah dengan campuran daun suji dan pandan.

9. Babalung
Penamaan bebalung mungkin sudah lekat dengan tulang. Bahan utama kuliner ini adalah tulang iga sapi atau kerbau yang dibumbui dengan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit ditambahkan juga jahe. Yang paling khas dalam penyajian bebalung adalah taburan bawang gorengnya yang melimpah. Bebalung yang paling populer terletak di Depot Kelebet dibelakang kantor Gubernur NTB.
10. Beberuk Terong
Mungkin ini bisa disebut juga gado-gado Lombok. Kuliner jenis lalapan ini biasanya dipadu padankan saat menikmati Ayam Taliwang. Bahan utamanya memang menggunakan terong ungu yang sudah dipotong-potong, dan dicampur dengan tomat serta beberapa bumbu rempah lainnya. Setelah ditambah dan dicampur kemudian terong dan taburan bumbu rempah ini ditambahkan dengan kesegaran air jeruk limau. Rasanya benar-benar gado-gado, pedas, manis, asam dan sangat segar untuk makan siang sekalipun.(PR)**

Comments

ARTIKEL POPULER

Tugas Pokok dan Fungsi Penyuluh Agama Islam

BRNews - Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam non PNS tahun 2017 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Senin kemarin (24/7/2017).

Sebelum Beli, Kenali Ciri Ciri Mobil Bekas yang Pernah Kerendam Banjir



Bagi anda yang ingin membeli mobil bekas harus hati-hati. Kita, sebagai calon pembeli tidak tahu apakah mobil bekas yang akan dibeli pernah kena banjir atau tidak.

Karena, pasti, bagi penjual yang mobilnya pernah kena banjir, juga sudah melakukan perbaikan, sehingga bagi pemakai yang awam atau pembeli mobil bekas yang awam tidak paham bagaimana ciri-cirinya mobil yang pernah kena banjir?

Berikut ini, BMW membagikan sejumlah tips untuk mengenali kendaraan bekas terendam banjir seperti dilansir Antaranews.

1. Periksa rekam perawatan mobil
"Pembeli harus aware terhadap riwayat servis dari mobil yang akan dibelinya. Melihat rekam perawatan mobil merupakan hal pertama yang dapat dilakukan," kata Kepala Cabang BMW Astra Used Car, Terry Tham dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa.

Ciri-ciri mobil bekas banjir dapat terlihat dari jenis komponen yang diganti, seperti karet-karet, sisa pengeringan karpet, dan komponen internal mesin pada mobil berusia muda.

2. Cium aroma interior

Santri di Pelosok Sulsel Dapat Bantuan Beras dari ACT

Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai salah satu lembaga sosial di Indonesia telah menyalurkan bantuan pangan untuk santri yang tengah menuntut ilmu di pesantren pelosok Sulawesi Selatan, tepatnya di Desa Loeha, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan.

Berdasarkan keterangan resmi ACT Sulsel di Makassar, Senin, ACT telah menyalurkan bantuan beras kepada 96 santri termasuk pengelola Pesantren Darul Istiqamah Towuti
pada Minggu 19 Januari kemarin setelah melalui ratusan kilometer dari pusat Kota Makassar.

"Butuh waktu setidaknya 14 jam untuk tiba di pesantre ini, tapi Alhamdulillah itu membuat kami bersyukur, sebab amanah dari para dermawan betul-betul tepat sasaran," jelas seorang relawan ACT Sulsel, Hasan.

Kata Hasan, sambutan hangat warga pondok disertai senyum para santri membuyarkan rasa lelah tim setelah melalui perjalan yang cukup jauh dan melelahkan. Untuk menjangkau kawasan tersebut, bukan hanya melalui darat tetapi tim ACT juga harus melewati Dan…

KETIKA YANG BERKUASA INGIN LAYANAN SEKSUAL

Oleh Denny JA

Ia berteriak kencang sekali. Semua di ruangan itu terdiam. “JIka saya jatuh, seluruh jaringan Fox News akan jatuh. Karir anda semua akan jatuh. Jangan diam. Bergerak. Cari solusi.”

Itulah perintah dari Roger Ailes, pimpinan tertinggi di stasiun TV yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat.

Ia kaget alang kepalang. Salah satu pembawa berita, anak didiknya sendiri, Gretchen Carlson (diperankan oleh Nichole Kidman), menuntutnya secara hukum untuk kasus Sexual Harassment.

Pimpinan program, para pembaca acara lain, reporter, saling menatap. Bisu. Isu pelecehan seksual yang acapkali mereka bicarakan bisik- bisik, takut-takut, kini menjadi berita di seantaro Amerika Serikat.

Roger Ailes, sang tertuduh, sudah mengeluarkan fatwa. Sebagian dari mereka berhutang budi pada Roger. Ia yang membuat mereka bekerja di jaringan berpengaruh. Kehidupan mereka terangkat.

New York Times, 2016, mencatat dan memberitakan bagaimana orang per orang di FOX NEWS membela sang Boss, Roger Ailes, di …

Kemenag Wonosobo Lakukan Validasi Kantor Cabang Travel Umrah

BRNews.id - Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonosobo, Totok Jumantoro, M.Ag bersama tim, melakukan peninjauan terhadap salah satu kantor cabang penyelenggara perjalanan ibadah umroh (PPIU) yang baru berdiri di Kabupaten Wonosobo, Jumat (22/03/2019).

Wapres Ma'ruf Berhrap RUU "Omnibus Law" Cipta Lapangan Kerja Degera Disahkan


Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dapat segera disahkan untuk mengeliminasi hambatan-hambatan yang selama ini terjadi dalam investasi, ketenagakerjaan dan juga perpajakan.

"Saya mengharapkan kalau cepat, bagus. Kita sudah bisa mengantisipasi hal-hal yang selama ini menjadi hambatan investasi juga tenaga kerja dan perpajakan," kata Wapres Ma'ruf kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Terkait adanya penolakan dari beberapa pihak terhadap RUU tersebut, Wapres mengatakan Pemerintah telah melibatkan banyak pihak dalam menyusun drafnya

Penyusunan kerangka RUU yang mencakup banyak hal tentang industri dan ketenagakerjaan tersebut telah mengusung dialog dengan pihak buruh dan pengusaha.
"Pemerintah itu kan selalu mendengar berbagai pihak, jadi melakukan dialog-dialog dengan pihak buruh, pihak pengusaha dan pihak-pihak terlibat. Jadi penyusunan itu didasarkan pada berbagai kesepakatan-kesep…

"Tajir" Tawarkan Pembekalan Usaha Berbasis Syariah Bagi Muslimin yang Telah Hijrah

Kaum muslimin yang sudah melakukan hijrah seringkali merasa kebingungan setelah keluar dari pekerjaan mereka karena tidak memenuhi kaidah Islam atau ekonomi syariah, seperti riba.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang ingin dilakukan oleh para muslimin hijrah, yakni bagaimana menyucikan harta yang selama ini dimiliki. Kedua, memiliki pondasi ekonomi untuk menghidupi keluarga mereka.

Melihat hal-hal seperti itu, Co-Founder Tajir sekaligus Ketua Komite Tetap Bidang Keuangan Kadin DKI Jakarta, Tito Maulana, mengenalkan platform "Tajir" sebagai ekosistem yang dapat mewadahi muslimin hijrah,  yang saat ini didominasi oleh kalangan milenial.
"Tajir", sebuah gerakan muamalah kolaboratif, menawarkan pembekalan dan permodalan, salah satunya dalam berusaha atau berdagang dengan prinsip ekonomi syariah kepada kaum muslimin yang telah maupun dalam proses berhijrah.

"Kami berupaya mengumpulkan teman-teman yang hijrah, mengembangkan usahanya, dari yang belum punya us…

Kemenag Kucurkan Dana Pembangunan Sekolah Tapal Batas Indonesia-Malaysia

BRNews - Madrasah Ibtidaiyah Darul Furqon  lebih dikenal dengan nama Sekolah Tapal Batas karena berada di perbatasan  Indonesia dan Malaysia ini kembali mendapat kucuran  dana ratusan juta untuk pembangunan Ruang Kelas Baru.

Menteri Agama Tinjau Progres Renovasi Masjid Istiqlal



Usai shalat Jum'at di Masjid Istiqlal, Menag Fachrul Razi meninjau progres renovasi masjid negara ini. Masjid Istiqlal sejak Mei 2019  direnovasi secara menyeluruh. Renovasi dilakukan untuk pertama kalinya sejak diresmikan pada tahun 1978.

Kontrak renovasi masjid ditandatangani dua perusahaan BUMN, yaitu: PT.Waskita Karya selaku Kontraktor Pelaksana dan Manajemen Kontruksi oleh PT. Virama Karya. Total nilai pekerjaan Rp 465.300.000.000,-.
Ada lima ruang lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal, yaitu: penataan kawasan, arsitektur, interior, renovasi sistem mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP) dan signage.

“Untuk proses renovasi gedung utama, ditargetkan selesai pada akhir Maret 2020,” terang Ketua Badan Pelaksana Pembangunan Masjid Istiqlal (BPPMI) Laksma (Purn) H. Asep Saefuddin, usai mendampingi Menag meninjau Masjid Istiqlal, Jum'at (17/1/2020).

“Untuk lahan parkir, dibuat dua lantai, targetnya selesai April 2020,” lanjutnya.

Menurut Asep, Menag juga meninjau ruang VIP d…

MAN 1 Sleman Raih Juara 3 Madrasah Adiwiyata

Terwujudnya Sleman yang bersih indah hijau dengan lingkungan yang nyaman merupakan tanggung jawab bersama.

Lomba adiwiyata antar pesantren dan sekolah serta madrasah merupakan salah satu upaya menciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar.