Pemkab Kulonprogo Hentikan Sementara Kegiatan Bedah Rumah dan Safari Jum'at

Foto KRjogja
Safari Jumat dan dan Kegiatan Bedah Rumah yang biasa dilakukan Pemkab Kulonprogo bersama Baznas setiap Jumat dan Ahad, untuk sementara waktu pelaksanaannya dihentikan.


Penghentian sementara dimulai pekan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona (covid-19). Kedua kegiatan tersebut akan dimulai lagi bila keadaan sudah dinyatakan membaik. Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo menyatakan itu saat menerima  Baznas setempat, di ruang kerjanya, Senin (23/03/2020).

Baznas dipimpin Ketua Drs H Abdul Madjid beserta Wakil Ketua I-IV, sedangkan bupati didampingi Asisten I, Kadinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabag Pemerintahan serta Kabag Kesra Setda.

Baca juga: Masjid Istiqlal Dua Minggu Tidak Akan Gelar Shalat Jumat 

Baca juga: MUI Temanggung Bolehkan Sholat Jumat

Dikatakan, penghentian sementara tersebut sesuai arahan dari Pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan yang mengundang/mengumpulkan massa, untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.

Meski demikian, bantuan untuk Safari Jumat (masjid dan duafa) tetap diberikan oleh Baznas, hanya tidak ada seremonial oleh tim seperti ketika Safari Jumat, tetapi mekanismenya penerima diundang ke Baznas.

Terhadap capaian penghimpunan Baznas yang tiap tahun meningkat, Sutedjo mengapresiasinya. Terima kasih Baznas telah menghimpun dan mentasyarufkan sesuai amanah yang telah diberikan.

"Penghimpunan zakat tahun 2019 sebesar Rp 8,9 miliar merupakan capaian tertinggi di DIY. Kita juga senang dan bangga kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah berzakat semua. Kesadaran berzakat di kalangan aparatur sipil negara (ASN) makin meningkat,” ujar Sutedjo seperti dilansir KRjogja.com.

 Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid selain melaporkan perkembangan penghimpunan, pentasyarufan dana dalam program Baznas, juga disampaikan pula adanya tambahan besaran dana bantuan. 

“Sebagai contoh, bantuan modal untuk masyarakat lingkungan masjid Safari Jumat ditambah. Demikian pula bedah rumah ada tambahan program jambanisasi, dan lain sebagainya,” kata Abdul Madjid berterima kasih  karena selama ini peran Pemkab Kulonprogo sangat besar  dalam membantu Baznas dalam berbagai hal. (kr/luul).

Subscribe to receive free email updates: